15 Nama–Nama Pelanggaran Penting Dalam Permainan Bola Basket

Suatu permainan olahraga atau hal lainnya di dalamnya pasti terdapat peraturan-peraturan yang tidak boleh dilanggar oleh mereka yang memainkannya. Peraturan olahraga dibuat agar permainan yang dimainkan berjalan dengan aman, lancar dan juga dapat menghibur. jika peraturan ini dilanggar akan ada sikaf sportifitas yang dicederai dan juga merugikan baik orang lain serta pemain itu sendiri.

Seperti halnya permainan olahraga yang lain dalam permainan bola basket juga dikenal mempunyai beberapa nama-nama pelanggaran yang tidak boleh dilakukan para pemain. Pelanggaran yang dilakukan dalam permainan bola basket ini akan mengakibatkan hukuman bagi pemainnya, baik berupa dituliskan sebagai satu kesalahan, menembak langsung tanpa penjagaan (free throw atau pinalti kalau dalam sepak bola), bahkan sampai pemain didiskualifikasi. Diantara beberapa nama pelanggaran dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut:

1. Travelling yaitu kesalahan akibat tidak mendribble bola dalama langkah saat lari maupun berjalan ketika ia memegang bola.

2. Double dribble yaitu dimana saat bola dalam keadaan mati (memegang bola dan berhanti) bola kembali di dribble

3. Foul yaitu pelanggaran seorang pemain lawan dengan reaching atau posisi defence yang salah.

4. Foul out yaitu suatu keadaan dimana seorang pemain telah melakukan 6 kali foul (NBA), atau 5 kali foul biasa (FIBA) atau telah melakukan suatu technical foul 2 kali dalam satu pertandingan. Hukumannya pemain tersebut harus ke luar lapangan.

5. Offensive Foul yaitu suatu pelanggaran saat menabrak lawan dalam posisi hand up yang benar, disaat anda melakukan ilegal pick.

6. Technical foul yaitu pelanggaran yang berhubungan dengan perbuatan yang tidak menghormati keputusan wasit, berkata kasar, memaki dan sebagainya.

7. Deffensive 3 second yaitu pelanggaran akibat diam di area tim sendiri lebih dari 3 detik saat lawan melakukan offense. Hukumannya lawan dapat melakukan 1 throw in.

8. Offensive 3 second yaitu pelanggaran akibat diam di area tim lawan selama 3 detik saat lawan defense.
9. 3 second violation yaitu suatu pelanggaran apabila seorang pemain berada di area tembak bebas selama 3 detik.

10. 24 second violation yaitu pelanggaran akibat suatu tim tidak melakukan tembakan/shoot/dunk ke ring lawan melewati batas waktu 24 detik.

11.Back ball yaitu pelanggaran karena pemain yang telah melewati garis tengah dengan membawa bola kembali lagi ke daerah pertahanan.

12. Blocking foul yaitu pelanggaran karena melakuka pelanggaran keras ketika menghadang pemain lawan.
13Team foul yaitu bentuk pelanggaran dalam satu tim tiap babaknya, jika pelanggaran ini sudah mencapai 5 point maka tim lawan akan diberikan free throw.

14. Jumping yaitu bentuk pelanggaran ketika melakukan tembakan dengan melompat tetapi kemudian tidak jadi melakukan tembakan.

15. Pushing yaitu bentuk pelanggaran karena mendorong pemain lawan secara sengaja.

Popular Posts