Cara Menyembuhkan Alergi Anak dengan Mudah

Jika anak atau bayi Anda mengalami alergi karena makanan, debu, atau hal lain, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah tetap tenang dan segera mencari cara efektif untuk menyembuhkan alergi tersebut. Kebanyakan orang tua akan segera menggunakan obat-obatan yang sayangnya bisa memicu timbul alergi lain pada anak. Selain cara tersebut, sebenarnya ada beberapa home remedies yang Ayah dan Ibu bisa lakukan untuk mengurangi alergi pada anak. Berikut adalah beberapa cara menyembuhkan alergi pada anak yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Mengenal Jenis Alergi pada Anak

Sebelum kita beranjak ke cara alami untuk menyembuhkan alergi anak, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis alergi yang sering dialami oleh buah hati Anda.

Alergi Makanan

Sebagai salah satu alergi yang sering ditemukan pada anak-anak, makanan adalah hal krusial yang orang tua harus pahami guna melihat riwayat alergi anak. Dengan menemukan makanan apa yang menjadi pemicu alergi, orang tua akan bisa menentukan langkah apa yang akah dilakukan untuk pencegahan alergi.

Alergi Susu

Susu adalah hal yang tidak terpisahkan dari anak dan bayi. Namun, sayangnya beberapa kasus menunjukkan bahwa anak-anak bisa mengalami alergi yang didapatkan dari susu formula sebagai pendamping ASI eksklusif. Beberapa gejala yang ditunjukkan adalah dengan diare dan muntah yang dialami buah hati.

Alergi Debu

Alergi selanjutnya besar dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal si kecil. Debu adalah salah satu pemicu utama seorang anak memiliki suatu alergi, bisa juga dengan alergi yang disebabkan oleh jamur, asap rokok, atau bulu hewan. Alergi ini banyak dialami oleh anak-anak dengan kondisi batuk, pilek, mata berair, hingga bersin terus menerus.

Alergi Obat

Berikut adalah alergi lain yang dialami anak-anak yaitu alergi obat. Tanpa disadari oleh sebagian orang tua, penggunaan antibiotik atau obat tertentu bisa menyebabkan anak mengalami alergi karena sistem kekebalan tubuh yang mendeteksi zat obat menjadi suatu ancaman pada tubuh. Hal ini berdampak pada gejala batuk, gatal dan ruam, hingga sesak napas.

Penyembuhan Alergi dengan Mudah Dilakukan di Rumah

Jika anak Anda mengalami salah satu dari alergi di atas, ada baiknya Anda mengetahui pemicu alergi untuk bisa memberikan cara penyembuhan alergi terbaik sesuai dengan jenisnya. Di bawah ini adalah beberapa cara efektif untuk menyembuhkan alergi yang bisa dengan mudah untuk dilakukan di rumah.

Jika anak Anda mengalami gejala alergi berupa diare, maka Ayah dan Ibu bisa memberikan pisang kepada buah hati untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Selain itu, campuran kunyit, jahe, madu, dan kayu manis yang diseduh dengan air hangat juga bisa digunakan sebagai obat alami diare.

Namun jika alergi yang diderita buah hati berupa gatal pada kulit, Anda bisa memandikan buah hati dan memberikan krim atau pelembab yang aman digunakan oleh anak-anak. Anda juga bisa membasuh area gatal dengan handuk basah yang direndam pada cairan oatmeal untuk memberikan efek melembutkan daerah yang gatal.

Jika buah hati Anda mengalami alergi obat, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menghentikan penggunaan obat yang sedang dikonsumsi. Berikan anak banyak cairan untuk mempercepat penyembuhan alergi yang dialami. Selain itu, memberikan air kelapa juga bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan alergi secara alami dan aman untuk anak-anak.

No comments

Post a Comment