Universitas Indonesia Sebagai Pilihan College In Indonesia


Universitas yang terdapat di Indonesia tidak hanya menarik minat calon mahasiswa dari dalam negeri akan tetap juga mahasiswa dari luar negeri. Hal ini disebabkan karena kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh universitas dalam negeri tidak kalah bagus dari universitas yang ada di luar negeri. Salah satu universitas di Indonesia yang dikenal memiliki kualitas pendidikan yang bagus adalah Universitas Indonesia. Oleh sebab itu, pembahasan kali ini akan membahas tentang Universitas Indonesia sebagai pilihan college in Indonesia.

Universitas Indonesia termasuk ke dalam 500 besar dari World University Ranking. Hal ini cukup membanggakan mengingat universitas-universitas yang menjadi pesaing Universitas Indonesia berada di Negara yang lebih maju secara ekonomi global. Universitas Indonesia memiliki 13 fakultas yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ilmu Administrasi. Program pendidikan yang ditawarkan pun beragam mulai dari program sarjana reguler sampai program pendidikan sarjana Internasional. 

Untuk biaya pendidikan, Universitas Indonesia menyediakan beragam beasiswa, baik beasiswa prestasi mau pun beasiswa kurang mampu. Selain itu, Universitas Indonesia menerapkan sistem Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BPOP – UI). Sistem pembayaran ini berlaku bagi mahasiswa yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Sistem ini memungkinkan pembayaran uang kuliah yang disesuaikan dengan pendapatan dari masing masing orangtua mahasiswa. Sama seperti pembayaran spp biasanya, BPOP dibayarkan setiap 6 bulan sekali atau setiap periode satu semester. Sistem pembayaran BPOP hanya berlaku bagi program sarjana regular (S1).

Dengan kualitas yang dimiliki oleh Universitas Indonesia, tak heran jika universitas tersebut menjadi universitas terbaik di Indonesia. Keberadaan Universitas Indonesia dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan bangsa yang cerdas, sehingga mampu membuat negara Indonesia maju dalam segala bidang. Demikian pembahasan tentang Universitas Indonesia sebagai pilihan college in Indonesia. Semoga bermanfaat!