Cara Budidaya Jamur Tiram

Kumbung yaitu rumah/tempat budidaya jamur. Disinilah tempat untuk menjaga baglog serta menumbuhkan jamur tiram dari mulai kecil sampai besar. Kumbung atau rumah baglog berbetuk seperti bangunan yang di dalamnya ada rak-rak untuk menempatkan baglog. Kumbung mesti mempunyai kekuatan melindungi kelembapan hawa serta suhu supaya jamur dapat tumbuh dengan prima.

Serta ini dia banyak hal yang butuh diperhatikan dalam bikin serta mempersiapkan kumbung yang benar :

1. Kumbung di buat dari kayu serta bambu, dinding di buat dari gedek atau papan. Untuk atapnya dapat memakai genteng, janganlah memakai seng, asbes atau atap yang lain yang dapat menghadirkan panas. Untuk lantai kumbung, upayakan janganlah di plester supaya air gampang meresap ke tanah, tetapi bila di plester upayakan mempunyai tingkat kemiringan yang cukup supaya air dapat mengalir.

2. Didalam kumbung mesti di kompliti rack berbentuk kisi-kisi yag di susun bertingkat serta sejajar. Rack ini berperan untuk membuat baglog (media jamur). Untuk rangka rack, dapat di buat dari kayu atau bambu. Pada rack mesti ada lorong seputar 40 cm untuk memudahkan perawatan jamur.

3. Rack dapat di buat 2-3 tingkat, rack mempunyai lebar seputar 40 cm dengan panjang tiap-tiap ruas rack 1 mtr.. Dengan ini, tiap-tiap rack dapat menyimpan seputar 70-80 baglog. Kepentingan rack dapat di cocokkan dengan jumlah baglog serta jamur yang mau di budidayakan.
Baglog yaitu media tanam untuk jamur tiram, disinilah jamur tiram bakal tumbuh. Baglog umumnya terbuat dari serbuk gergaji yang di bungkus dengan plastik berbetuk silinder. Pada salah satu ujungnya diberi lubang di mana lubang ini juga sebagai tempat jamur menyembul keluar.

Baglog dapat kita buat sendiri, tetapi jika kita masih tetap pemula baiknya kita beli baglog dari pihak lain, hal semacam ini di karenakan bikin baglog perlu pengalaman yang cukup. Harga baglog cukup terjangkau, baglog dengan ukuran 1 kg dijual dengan harga seputar 2000-3000 rupiah saja.

3. Perawatan Jamur Tiram
Di bawah ini cara-cara perawatan jamur tiram yang perlu anda kerjakan supaya jamur tiram tumbuh dengan prima :

1. Saat sebelum baglog disusun pada rack, buka terlebih dulu kertas serta cincin penutup baglog. Lantas diamkan sepanjang 5 hari, jika lantai terbuat dari tanah jadi kerjakan penyiraman pada tanah untuk menaikkan kelembapan.

2. Potong ujung baglog supaya ruangan perkembangan jamur lebih lebar. Kemudian diamkan sepanjang 3 hari, sepanjang itu janganlah menyiram baglog, cukup siram lantai saja.

3. Penyiraman memakai sprayer dengan siraman membuat kabut, makin aliran siraman berkabut jadi akhirnya makin baik. Janganlah menyiram dengan tetesan air serta kerjakanlah penyiraman 2-3 kali dalam satu hari bergantung kelembapan serta suhu yang ada didalam kumbung. Upayakan kumbung mempunyai suhu pada 16-24 'C.

4. Panen Jamur Tiram
Ini lah saat-saat yang di tunggulah oleh petani jamur tiram yakni panen jamur tiram, ini dia banyak hal yang perlu diperhatikan :

1. Jika permukaan baglog sudah di tumbuhi miselium (akan jamur), umumnya seputar 1-2 minggu sesudah tutup baglog dibuka bakal tumbuh jamur serta telah siap di panen. Tiap-tiap baglog jamur dapat di panen seputar 5 sampai 8 kali jika perawatanya benar. Baglog dengan berat 1 kg dapat membuahkan jamur tiram seberat 0. 7-0. 8 kg, kemudian buang baglog atau buat jadi bahan kompos.

2. Panen jamur tiram di kerjakan pada jamur yang mekar dengan ukuran yang besar. Lebih tepatnya saat ujung jamur tiram tampak meruncing dengan catatan tudungnya belum pecah serta warnanya masih tetap putih bersih.

3. Janganlah telat dalam memanen jamur tiram, sudah 1/2 hari saja bakal bikin warna jamur jadi agak kuning serta tudungnya pecah, jika seperti ini jadi jamur bakal cepat layu.

4. Jarak panen jamur tiram, dari panen pertama ke panen setelah itu seputar 2 sampai 3 minggu.

Tersebut banyak hal yang perlu anda kerjakan jika anda mau mengawali usaha jamur tiram, memanglah terlihats susah lantaran banyak step yang perlu di lewati, tetapi anda mesti tahu jika prospek usaha jamur tiram ini sangat-sangat menjanjikan.

Anda dapat juga lihat rekomendasi video dibawah ini perihal budidaya jamur tiram ini, silakan lihat video di bawah ini.

Popular Posts