Anak Sehat, Anak Bahagia

Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dijaga. Sedikit saja kita mengabaikan kesehatan kita, maka dampak yang ditimbulkan bisa besar. jika tubuh tidak sehat, penyakit akan mudah datang, tubuh tidak bugar, semangat hilang, dan perkerjaan atau aktifitas pun tidak akan bisa dilakukan dengan maksimal. Hal yang paling menghawatirkan adalah jika anak kita yang terkena sakit. Rewel dan menangis pasti akan sering dilakukan, selain itu daya tahan yang masih lemah pun bisa memperparah keadaan. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan anak kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.


Untuk tetap menjaga kesehatan anak pun tidak lah sulit. Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti:

Perhatikan asupan makanan anak. Anak – anak cenderung suka jajan dan belum mengerti perbedaan makanan sehat dan tidak sehat. Sebagai orang tua, kita wajib memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Meskipun anda mengijinkan anak untuk jajan, sebaiknya anda memilihkan makanan yang mengandung nutrisi yang baik. Anda juga harus memberikan makanan utama yang sehat, seperti empat sehat lima sempurna.

Ajarkan anak untuk menyukai segala macam buah. Biasanya anak suka pilih – pilih dalam hal mengkonsumsi buah atau sayur. Anda harus mengajari anak menyukai semua macam buah. Anda bisa menjelaskan manfaat makan buah. Jika anak masih enggan memakannya, anda bisa mengubah buah itu menjasi sebuah menu baru dalam bentuk kue, minuman, pudding, atau es krim yang biasa disukai anak.
Anak sangat aktif setiap harinya. Mereka bisa menggunakan banyak waktu untuk bermain. Akan tetapi, anda harus membiasakan anak untuk istirahat yang cukup, seperti membiasakan jam tidur siang dan tidak membiarkan anak tidur larut malam.

Menjaga berbagai kebersihan yang berhubungan dengan anak, mulai dari kamar tidur anak, baju anak, hingga mainan anak agar terlindung dari kuman pembawa penyakit.

Berikan anak madu setiap hari. Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai penjaga daya tahan tubuh. Beragam cara bisa anda gunakan dalam hal pemberian madu, mulai dari minum madu secara langsung, mencampurnya pada minuman anak, atau menjadikan madu sebagai selai roti.

Popular Posts