Perkembangan Bahasa Indonesia

Indonesia merupakan satu negara yang kaya akan ragam tradisi dan budaya, termasuk bahasa yang berbeda satu sama lain antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. salah satu contohnya, bahasa orang sumatera akan jauh berbeda dengan bahasa orang yang berada di pulau jawa, selain itu orang jawa pun memiliki bahasa yang berbeda dengan orang sunda. Anda dapat membayangkan berapa banyak daerah dari sabang sampai merauke tentunya dengan bahasa yang berbeda-beda, namun tetap dalam satu negara yang sama yakni Indonesia. Maka dari itu, terciptalah bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan dimana satu daerah dengan daerah yang lain dapat berkomunikasi satu sama lain dengan bahasa Indonesia. Perkembangan bahasa Indonesia semakin hari semakin maju dimana seperti yang kita ketahui bahwa dahulu bahasa Indonesia masih belum disempurnakan khususnya dalam segi penulisan.


Namun, seiring berjalannya waktu, bahasa Indonesia terus semakin berkembang dari hari ke hari dengan ejaan yang semakin disempurnakan EYD. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu dimana, dahulu bahasa ini digunakan sebagai bahasa perdagangan dan penghubung antara satu daerah dengan daerah yang lain saat melakukan transaksi perdagangan atau biasa dikenal sebagai lingu franca. Dan oleh sebab itu, maka bahasa melayu ini menyebar hampir keseluruh pelosok negeri ini dan hal tersebut menumbuhkan rasa bahwa persaudaraan satu dengan yang lain karena memiliki bahasa yang sama.

Dan dengan alasan tersebut juga maka Bahasa melayu ini di jadikan sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia dan hal tersebut juga diakui oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928, dan pada tanggal tersebut juga bahasa Indonesia lahir dan terkandung di dalam sumpah pemuda yang berbunyi “Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia”.
Perkembangan bahasa Indonesia hari ini memang sangat maju setelah disempurnakannya ejaan bahasa Indonesia seperti huruf “dj” menjadi “j”, “sj” menjadi “s” dan sebagainya, hari inipun hampir semua orang sudah mulai membiasakan diri untuk mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu contohnya, para ibu rumah tangga yang sudah mulai mendidik dan memperkenalkan bahasa Indonesia kepada anaknya bahkan membuat bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu.

Popular Posts