Jenis Bahan Berbahaya Pada Makanan Dan Akibatnya

Makanan menjadi suatu hal yang harus di konsumsi oleh setiap orang untuk memenuhi nutrisi yang ada di dalam tubuhnya. Berbagai jenis makanan sekarang ini menjadi hal yang harus diperhatikan karena ada indikasi bahwa ada bahan – bahan berbahaya yang terdapat pada makanan tersebut. Salah satunya makanan ringan saat ini banyak sekali pilihan namun belum ada jaminan apakah berbahaya atau tidak walaupun telah diberi label oleh dinkes dan halal. Makanan ini seperti permen, snack, kue – kue dan lain sebagainya.

Makanan tersebut bisa dikatakan berbahaya karena terdapat bahan yang dapat memberikan dampak pada orang yang di makannya. Bahan – bahan yang di rasa berbahaya seperti Monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih sering dikenal vetsin, Aspartam, pewarna makanan dan Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat. Bahan – bahan tersebut yang di bilang dapat membahayakan tubuh ketika di konsumsi secara terus menerus. 
Makanya jangan biarkan makanan ringan tersebut terus di konsumsi terutama oleh anak – anak karena dapat berpengaruh pada mereka. Adapun akibat dari memakan makanan tersebut adalah dapat menyebabkan sebagai berikut diantaranya :

Vetsin dapat menimbulkan beberapa penyakit jika di konsumsi secara terus menerus diantaranya: kesulitan tidur, menurunkan daya ingat terutama pada anak, dapat menimbulkan penyakit asma, dan yang paling terburuk yaitu dapat menumbuhkan penyakit kanker. 
Aspartam berfungsi sebagai pengganti gula. Bahaya yang dapat ditimbulkan adalah :

Memicunya penyakit limfoma, resiko besar untuk terkena leukimia dan terburuknya, dapat menyebabkan kanker. Pewarna makanan ini di anggap dapat menimbulkan beberapa penyakit diantaranya yaitu: dapat mengganggu fungsi hati, menimbulkan iritasi pada kulit dan terburuknya terjadinay penyakit kanker.

Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat ini merupakan bahan yang digunakan untuk mengawetkan makanan. Namun ketika di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan: dapat menimbulkan kerusakan tiroid dan dapat memicu terjadinya kanker.

Sebagai orang tua makanya harus dapat memilih dengan pintar makanan terutama jajanan anak – anak anda. Terutama harus waspada pada bahan – bahan di atas. Banyak jajanan yang menggunakan bahan pengawet paling banyak yang menggunakannya. Semoga anda sebagai orang tua bisa menjadi masukan yang berarti.

Popular Posts