Problema Harga Susu Bagi Para Ibu

Harga susu kedelai memang lebih murah tetapi ada efek samping jika anda konsumsi. Mengkonsumsi susu kedelai bisa membahayakan perempuan dan bayi yang sebabkan kista rahim. Kista ini sangat membahayakan bagi perempuan dan bisa mengakibatkan impotensi. Penyebabnya adalah akibat keberadaan senyawa isoflavon yang tinggi pada kedelai. Disamping sebagian kasus tertentu, fakta lainnya mengenai mengapa para orangtua memberikan susu kedelai buat anak adalah akibat faktor ekonomi akibat mahalnya harga susu sapi dan harga susu kedelai jauh lebih murah.

Contoh kasus tertentu, yaitu pada kasus ibu yang tak bisa menyusui atau anak yang memiliki gangguan elergi susu sapi sehingga banyak dari ibu yang memberikan anaknya susu kedelai sebagai pengganti. Pemberian susu kedelai kepada anak tak banyak memberikan manfaat. Oleh sebab itu, sebaiknya tak dilakukan mengingat dampak yang bakal ditimbulkan. Sebagian dampak pemberian susu kedelai buat anak antara lain, menimbulkan alergi makanan, gangguan bagi pencernaan, masalah tingkah laku akibat kandungan enzim phytase pada kedelai, gangguan hormon tiroid, mengurangi kemampuan tubuh menyerap nutrisi penting, penyebab kista, menimbulkan puberitas dini, dan mempengaruhi kesuburan Oleh sebab itu, jangan terburu-buru memberikan susu kedelai buat anak .

Jika harus memberikan susu pengganti selain ASI sebaiknya memilih sumber asam amino yang mirip dengan struktur asam amino ASI, yaitu susu bayi yang berasal dari sapi, bukan susu bayi kedelai. Namun, kalau anak yang berusia di bawah 6 bulan ternyata alergi terhadap susu sapi tetap jangan langsung diberikan susu kedelai. Penggunaan susu kedelai buat balita hanya boleh diberikan ketika anak telah menginjak usia di atas 6 bulan. Hal ini disebabkan akibat kandungan asam amino nabati pada susu kedelai tak selengkap jika dibandingkan dengan susu sapi.

Disamping itu, susu kedelai juga tak mengandung kolesterol yang dalam jumlah kecil sangat dibutuhkan anak buat perkembangan organ tubuhnya. Jika solusi di atas belum menbisakan hasil yang baik, seperti masih munculnya gangguan alergi akibat pemberian susu sapi. Solusi lainnya adalah dengan memberikan susu bayi terurai yang sudah mulai banyak direkomendasi oleh badan-badan kesehatan dunia. Susu bayi terurai merupakan susu yang telah mengalami pemecahan asam amino, contohnya adalah susu dari asam amino whey yang telah terurai sebagian atau terurai seluruhnya.

Hal ini berarti susu tersebut memiliki kandungan asam amino whey yang telah dipecah-pecah menjadi partikel kecil, sehingga diharapkan mampu mengurangi sifat alergenik pada susu sapi maupun susu kedelai.Namun, faktanya masih banyak orangtua yang masih memberikan _susu kedelai buat anak_-nya. Hal ini antara lain diakibatkan belum mengetahui informasi terbaru, harga susu terurai yang masih mahal, susah diperoleh, dan rasanya yang tak enak sehingga banyak anak yang tak menyukainya. Asam amino merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh terutama buat perkembangan sel dan menjaga kekebalan tubuh.