Tips Mengelola Akutansi Toko Baby Online

Meski berjalan di dunia online, tapi pengelolaan akuntansi toko baby online perlu dilakukan secara real. Yang dimaksudkan real disini tentu tidak wajib membuat laporan akuntansi serumit yang dibuat oleh pembisnis besar. Sebagai pemula atau pun pengusaha toko baby online yang bergelut di ranah online, Kamu bisa membuat laporan akuntansi sederhana yang dibuat secara rutin. Hal ini perlu dilakukan para pengusaha bisnis online agar arus akuntansi bisa tercatat dengan rapi dan besarnya laba rugi yang diterima setiap bulannya bisa terkontrol dengan baik. Berikut kami informasikan cara mengatur akuntansi toko bayi online dengan sederhana. Sedikitnya ada empat poin penting yang perlu dicatat oleh pengusaha bisnis toko bayi online dalam laporan akuntansi sederhana yang mereka buat.

Laporan akuntansi yang satu ini berfungsi buat mencatat semua income yang Kamu terima setiap harinya. Baik itu dari hasil penjualan barang, komisi dari supplier atau produsen, donasi dari investor, dan lain sebagainya. Catat semua income dengan detail, terutama buat penjualan barang jangan lupa mencantumkan nama barang, harga satuan, dan jumlah barang yang terjual sesuai dengan data-data yang telah Kamu buat sebelumnya.

Besaran ongkos tetap. Yang dimaksudkan dengan ongkos tetap merupakan semua ongkos yang pasti dan selalu dikeluarkan oleh owner toko bayi online setiap bulannya. Misalnya, saja seperti ongkos rental hosting dan domain, ongkos rental tempat, gaji karyawan, ongkos listrik serta internet, dan lain sebagainya. Dengan adanya data ongkos tetap tersebut, maka owner toko bayi online bisa memperkirakan berapa jumlah uang yang wajib mereka keluarkan setiap bulannya.

Yang ketiga adalah ongkos variable. Yang termasuk ongkos variable adalah semua ongkos yang wajib dibayarkan penjual buat membiasakan barang atau jasa yang mereka pasarkan. Semisal owner toko bayi online adalah reseller atau agen maka yang dikatakan ongkos variable adalah ongkos yang wajib dibayarkan owner toko bayi online buat mengambil stok barang. Namun apabila owner toko bayi online membarangsi sendiri barang yang mereka jual, maka yang dimaksud ongkos variable adalah semua ongkos yang wajib dibayarkan buat melakukan proses barangsi.

Hal terpenting yang wajib dilakukan owner toko bayi online dalam mengelola akutansi bisnisnya adalah mengetahui besarnya laba/ rugi usaha yang sedang mereka jalankan. Besarnya laba rugi bisa dilihat dari hasil pengurangan semua income yang diterima dengan jumlah ongkos tetap dan ongkos variable yang dikeluarkan oleh owner toko bayi online . Dari situ penjual bisa mengetahui seberapa besar prospek toko bayi online yang sedang mereka jalankan saat ini.