Seni Melipat Handuk Menjadi Berbagai Bentuk

Handuk bisa dilipat menjadi berbagai macam bentuk yang indah. Biasanya handuk karakter digunakan untukmainan bayi atau tanda mata atau untuk antaran pengantin. Berikut adalah beberapa kreasi membentuk handuk karakter menjadi bentuk bunga, roll cake, boneka, gurita, kelinci, burung, dan burung hantu.
Handuk karakter bentuk bunga. Cara melipat. Lipat handuk menjadi segitiga.

Lipat kembali dimulai dari sisi terpanjang hingga ke ujung handuk. Gulung handuk sehingga menyerupai kelopak bunga mawar. Semat ujungnya menggunakan jarum paku. Pasang kawat yang dililit kertas krep hijau sebagai tangkai pada mawar. Handuk karakter kue gulung. Lipat sepertiga bagian handuk, kemudian lipat sepertiga bagian lain hingga menutupi bagian lipatan sebelumnya. Setelah terbentuk 3 tumpukan, letakkan handuk, dan gulung hingga membentuk seperti roll cake, kunci dengan double tape.

Handuk karakter bentuk Boneka. Cara melipat. Lipat handuk menjadi dua bagian. Lipat lagi hingga tersisa sepanjang 25 cm. Bikin pola telinga dari karton lalu bungkus dengan pasmina, ikat menggunakan benang. Bikin gumpalan bulat dari koran, letakkan gumpalan dalam handuk di bawah telinga lalu ikat dengan benang. Bikin dua buah gulungan di bawah kepala untuk membentuk sepasang tangan. Bikin gulungan koran berbentuk silinder. Masukkan ke dalam handuk di bawah tangan, bungkus untuk membentuk badan dan semat dengan jarum pentul. Masukkan sisa handuk ke dalam lalu gulung sisi kanan dan kiri untuk membentuk kaki. Pasang mata boneka.

Handuk karakter Gurita. Cara melipat. Bikin gumpalan bulat dari Koran. Letakkan gumpalan koran di tengah handuk, bungkus dengan handuk lalu ikat dengan tali. Bagi empat sisa handuk di bawah kepala, ikat dengan tali. Pilin sisa handuk sambil padatkan bentuknya, semat ujung-ujungnya menggunakan jarum pentul. Pasang mulut dan mata boneka.

Handuk karakter Kelinci. Cara melipat. Gulung ke tengah kedua sisi handuk. Lipat handuk sehingga kedua ujung runcing bertemu. Satukan kedua ujung yang runcing tersebut untuk telinga kelinci. Ikat dengan benang. Lipat handuk di bawah telinga membentuk bulatan untuk kepala. Ikat dengan benang. Tarik sisa lipatan ke arah kepala lalu semat dengan jarum pentul untuk membentuk badan. Jahit bagian badan sehingga padat. Pasang mata boneka dan pita.