Teknik Yang Baik Dalam Menyusui Bayi

Lelah bekerja membuat bunda memberi ASI bayi menyusui sambil tiduran. Bunda yang merasakan cape karena menjalankan berbagai hal menjadi alasan bunda memberi ASI bayi menyusui sambil tiduran. Padahal dalam dunia kedokteran menyusui sambil tiduran tak lah baik. Banyak kabar menyusui anak dengan teknik ini dapat menyebabkan kematian anak.

Di saat bunda lengah ketika menyusui, anak yang disusuinya menjadi lemas bahkan meninggal saat disusui. Diperparah lagi kondisi bunda menyusui sambil tidur, sehingga bunda hamil tak mengetahui jika anaknya telah lemas dan tak berdaya. Akibatnya bunda terlambat dalam memberikan pertolongan kepada anaknya. Berikut ini berbagai macam alasan yang menjelaskan mengapa menyusui sambil tiduran tak aman bagi anak bahkan dikatakan berbahaya bagi anaknya.

Saat bunda menyusui sambil tiduran, mungkin saja sikap badan bunda miring. Sedangkan anak berada pada salah satu sisi payudara bunda tersebut. Jika bunda menyusui dengan sikap badan duduk, anak dapat diletakkan pada kedua sisi payudara bunda. Dengan sikap badan tidur seperti itu, anak yang sedang menghisap puting bunda menjadi tersumbat jalan nafasnya sehingga anak akan terasa lemas dan jika dibiarkan terlalu lama dalam kondisi lemas dapat membuat anak tersebut meninggal karena tersumbat jalan nafasnya.

Hal yang tak kalah penting dalam menyusui anak ialah dengan memakai sikap badan yang benar. Bunda dapat memilih sikap badan yang baik dan benar dalam menyusui anak. Berikut ini berbagai macam sikap badan yang dapat digunakan atau dipilih oleh bunda dalam menyusui anaknya .
Sikap badan mendekap. Sikap badan ini merupakan sikap badan yang menjadi kegemaran bunda. Sikap badan ini akan membolehkan perut anak dan perut bunda agar dapat bertemu sehingga anak tak perlu memutar kepalanya agar dapat menyusui. Sikap badan ini akan meletakkan kepala anak dalam dekapan bunda, bunda dapat menyokong kepala dan juga punggung anak agar lengan anak tetap berada di sisi bunda.

Sikap badan memegang bola rugby. Sikap badan ini merupakan sikap badan yang sesuai untuk bunda hamil yang melahirkan memakai operasi Caesar. Tak hanya itu saja, bunda yang memiliki payudara kecil, anak kembar dan juga anak yang dimiliki dilahirkan seteknik prematur sehingga ukuran badannya kecil dapat memakai sikap badan atau teknik ini. Tekniknya ialah degan menyokong kepala anak memakai tangan, badan bunda di bagian belakang tepatnya di bagian punggung dapat disokong memakai bantal.
Mendekap silang, Sikap badan ini dapat dilakukan dengan teknik satu lengan menyokong badan anak sedangkan lengan yang lain menyokong kepala. Kontrol dalam sikap badan ini lebih dipusatkan kepada kepala anak. Sikap badan ini sangat bagus untuk bunda yang memiliki anak prematur dan juga payudara bunda dengan puting payudara yang kecil.

Sikap badan duduk, Sikap badan ini merupakan sikap badan aman dan sikap badan yang banyak disukai oleh kaum bunda. Sikap badan duduk ini juga menyenangkan. Sikap badan ini akan aman digunakan atau dilakukan pada anak yang memiliki sakit pilek dan juga sakit telinga. Dengan menyusui teknik ini, ASI tak akan masuk ke dalam telinga anak sehingga aman untuk anak. Tekniknya ialah dengan memsikap badankan anak bunda dalam sikap badan duduk tegak dan kaki akan menggangkangi badan bunda. Bunda juga harus dalam sikap badan duduk yang nyaman, jika badan bunda pegal. Bunda dapat bersandar pada tembok dan juga memakai bantal untuk menyokong badannya.

Popular Posts