Fungsi Makanan Tinggi Protein Bagi Tubuh

Protein merupakan zat yang sangat bermanfaat dalam pembangunan tubuh kita. Proteinpun bermanfaat dalam mengatur metabolisme tubuh, sehingga asupan makanan yang mengandung protein yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sangat diperlukan. Protein sendiri merupakan senyawa organik yang tersusun dari sulfur, fosfor, hydrogen, nitrogen, asam amino, serta oksigen. Sehingga dalam nama lain protein sering disebut protos yang artinya utama dan menjadi zat yang paling dibutuhkan.

Asal protein dapat diperoleh dari berbagai makanan yang dikonsumsi, mulai dari tumbuhan ataupun dari hewan. Selain berfungsi sebagai asupan protein, fungsi makanan tinggi protein juga bermanfaat bagi tubuh. Berbagai fungsi ini akan didapatkan jika dalam pola konsumsi makanan berproteinnya tidak melebihi dari yang dibutuhkan. Karena sesuatu yang kelebihan maka akan berdampak kurang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa fungsi makanan yang tinngi protein bagi tubuh yaitu :

1. Protein berfungsi sebagai pembentuk antibodi. Maksudnya sebagai imunitas yang membantu tubuh dalam menolak segala sesuatu yang merugikan tubuh.
2. Protein berfungsi dalam penyembuh luka daam mengganti sel kulit yang rusak. Hal ini terjadi jika ada luka yang terdapat pada tubuh, seperti luka gores pada kulit.
3. Protein berfungsi dalam penyeimbang asam basa dengan cairan tubuh. Hal ini dilakukan dengan cara menjaga stabilitas ph cairan yang ada dalam tubuh.
4. Protein berfungsi dalam membentuk otot tubuh dan berguna dalam membantu proses perkembangan bagi anak ataupun remaja.
5. Protein merupakan sumber energi yang baik dalam mendukung aktivitas keseharian anda. Kandungan proteinpun sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan diet sehat. Sebab dalam protein mengandung gula yang sangat rendah, hal ini akan berbeda dengan karbohidrat yang justru mengandung gula yang tinggi.
6. Protein berfungsi dalam hemoglobin darah dan membantu dalam pembentukan sel darah merah, serta mengangkut oksigen pada eritrosit.
7. Protein juga berfungsi dalam menghancurkan dan menetralkan zat asing yang terdapat dalam tubuh.

Banyaknya manfaat protein bagi tubuh, sehingga banyak juga yang menjadikannya sebagai diet sehat dalam menurunkan berat badan. Dan jika anda dapat melakukannya dengan baik selain berat badan yang turun, andapun dapat tercegah dari berbagai resiko penyakit yang akan datang.

Popular Posts