7 Makanan Tinggi Protein

Berbagai nutrisi makanan diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi dan juga memaksimalkan potensi tubuh. Selain itu nutrisi-nutrisi penting juga diperlukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh yaitu protein. Protein diperlukan karena memuat banyak manfaat bagi tubuh, dari mulai mencegah penyakit, pembentukan masa otot, sampai kepada dietpun dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Sumber makanan yang mengandung protein dapat diperoleh dari hewan ataupun tumbuhan.


Protein dari hewan pada umumnya memiliki kandungan lebih tinggi dari pada tumbuh-tumbuhan, namun dalam hewan memiliki kandungan lemak yang relatif lebih tinggi dari pada hewan. Sumber protein dari hewan dan tumbuhan bisa didapatkan dari berbagai makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari, bahkan menjadi menu kelurga favorit. Hal ini karena sangat mudah menemukan sumber makanan yang mengandung tinggi protein. Berikut diantaranya 7 makanan tinggi protein yang banyak terdapat disekitar kita:

Daging. Daging merupakan makanan hewani yang mudah kita temukan. Kandungan protein dalam daging bermanfaat dalam masa pertumbuhan. Zat protein dalam daging dapat diperoleh baik dari daging sapi ataupun kambing. Kandungan protein dalam daging sapi dapat mencapai 14 gram protein, sedangkan dalam kambing dapat mencapai 27 gram protein dalam 100 gram daging. Bahkan selain protein zat besi, vitamin B12, selenium, fosfor dan zat lainnya dapat diperoleh dari daging. Namun dalam mengkonsumsinya harus sesuai dengan kebutuhan karena dalam daging terdapat banyak lemak yang juga dapat membahayakan tubuh.

Telur. Kandungan protein dalam telur sangat tinggi karena dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh anda. Kandungan protein tinggi dalam telur terdapat pada putih telurnya dibandingkan dengan kuningnya. Oleh karena itu konsumsi putih telur sangat bermanpaat bagi asupan protein tubuh anda. Namun kuning telurpun sebenarnya mengandung juga protein bagi tubuh, tetapi karena kandungan lemak jenuh dan kolesterol maka kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ikan laut. Berbagai ikan dari laut mengandung protein yang sangat tinggi dan baik juga bagi kesehatan. Selain itu dalam ikan laut juga terdapat omega 3 yang baik juga bagi jantung. Diantara ikan laut yang mengandung protein tinggi terdapat pada ikan Salmon dan juga ikan tuna.

Buah Pisang. Selain dari hewan seperti di atas, dalam buah pisangpun juga terkandung protein yang cukup banyak serta bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan protein dalam buah pisang dalam 100 gram terdapat 4 gram protein.

Kacang Almound. Kandungan protein dalam kacang almound tidak jauh berbeda dengan sumber makanan berprotein lainnya. Dalam setiap 100 gram kacang almound terdapat 22 gram protein, sehingga kacang almound sangat baik untuk dikonsumsi setiap harinya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Selain itu lemak sehat yang terkandung dalam kacang almound sangat baik untuk jantung.

Buncis. Buncis merupakan jenis sayuran yang sering dinikmati sebagai lauk pauk harian. Kandungan protein dalam buncis merupakan kandungan terbaik bagi mereka yang suka vegetarian. Selain itu kandungan serat yang terdapat dalam buncis juga bermanfaat bagi tubuh anda. 

Buah Jambu. Kandungan protein dalam buah jambu termasuk cukup tinggi. 1 buah jambu mengandung 3 gram protein. Selain itu jambu juga mengandung nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin C dan kalsium.

Popular Posts