Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Tumis Buncis

Sayuran buncis merupakan sayuran yang khas yang banyak memiliki penikmatnya di Indonesia. Sayuran yang berasal dari Peru ini dalam mengkonsumsinya tidak memerlukan waktu yang lama, karena dapat diolah menjadi berbagai kreasi masakan yang sederhana namun juga enak dan bergizi tinggi. Misalkan dibuat salad atau dikukus untuk dibuat lalaban dan menjadi bubur, atau juga bisa untuk dijadikan tumisan dengan memadukan resep yang baru.

Selain menjadi sayuran yang mudah dalam proses mengolahnya, kelebihan buncis juga terdapat dalam kandungan gizinya. Jika anda misalkan mengolah buncis menjadi suatu masakan seperti tumis buncis maka akan terkandung banyak manfaat dari buncis tersebut. Sehingga sayuran ini dapat menjadi salah satu menu dalam makanan keluarga anda. Dan diantara kandungan gizi yang terdapat pada tumis buncis adalah sebagai berikut:

Serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, maka akan bermanfaat bagi tubuh, selain berat badan yang dapat diturunkan serat juga bermanfaat dalam mencegah kolesterol dan kadar gula darah yang tinggi. Dan dalam buncis terkandung jumlah serat yang tinggi sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani diet.

Vitamin A. Dalam buncis terdapat 1.087 unit vitamin A dalam 100 gram. Vitamin A dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat baik dalam meningkatkan penglihatan mata dan menjaga jaringan ikat. Namun dalam mengkonsumsinya harus juga diperhatikan aturannya, jangan sampai terlalu banyak karena jika dikonsumsi terlalu banyak tidak baik juga untuk kesehatan.

Vitamin K. Dalam sayuran buncis juga terdapat kandungan vitamin K yang bermanfaat dalam pembekuan darah ketika terjadi luka. Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat baik jika dikonsumsi secara wajar dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena konsumsi vitamin K yang berlebihan juga berdampak negatif terhadap tubuh. Diantaranya dapat menjadi penyebab dari kerusakan hati dan memecah sel darah merah dalam tubuh.

Kandungan mineral. Dalam buncis terkandung mineral yang baik bagi tubuh seperti zat besi dan mangan. Kedua mineral ini sangat bermanfaat dalam transportasi oksigen dan juga membantu penyerapan kalsium, fungsi saraf dan produksi hormon. Kandungannyapun cukup tinggi sekitar 26% disetiap 100 gramnya.
Vitamin C. Vitamin C yang dapat larut dalam air berguna dalam penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membantu dalam produksi kolagen yang baik untuk kulit. Dalam buncis kandungan vitamin C nya cukup tinggi, dalam 100 gramnya terdapt 60 miligram.

Vitamin B. Vitamin B bermanfaat dalam memecah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi. Selian itu juga bermanfaat dalam meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu fungsi saraf. Untk itu mengkonsumsi buncis yang vitamin B nya cukup tinggi sangat baik untuk dilakukan.

Popular Posts