Tips-Tips Dalam Memilih Asuransi Mobil

Padatnya jalan raya dengan kendaraan yang lalu lalang, menandakan semakin banyaknya pula orang-orang yang memiliki kendaraan. Banyak dimilikinya kendaraan dapat menjadikan lebih banyaknya pula tingkat kemacetan serta kecelakaan yang akan terjadi. Hal ini menjadikan perlunya tingkat kewaspadaan yang tinggi dalam berkendara, terutama saat berkendara di jalan raya. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan saat berkendara yaitu dengan menggunakan asuransi mobil.

Ketika anda mempunyai asuransi mobil maka itu menjadikan proteksi (perlindungan) bagi kendaraan anda jika mengalami hal yang tidak diharapkan, seperti tabrakan, terbalik, kebakaran dan hal lainnya yang terjadi pada mobil anda. Perlindungan yang didapatkan dapat berupa penggantian uang kendaraan, perbaikan mobil dan lain sebagainya. Namun ada beberapa hal yang perlu anda lakukan saat memilih asuransi mobil, jangan sampai asuransi mobil yang anda beli malah merugikan anda. Berikut ini tips-tips dalam memilih asuransi mobil.

Memperhatikan apa saja yang menjadi jaminan dan tidak dijamin dalam asuransi yang dipilih tersebut. Karena pada beberapa perusahaan asuransi mobil ada yang penanggungannya hanya sebatas 50 atau 75% saja dati total biaya kendaraan. Atau ada juga perusahaan yang ganti ruginya hanya untuk kecelakaan tertentu, misalnya tidak menanggug kecelakaan yang diakibatkan oleh bencana alam dan yang lainnya.

Memperhatikan premi asuransi yang ditawarkan. Tiap perusahaan asuransi tentunya mempunya premi yang berbeda dengan asuransi yang lainnya. Hal ini sebagai dampak persaingan akibat banyaknya perusahaan asuransi. Bagi anda sebagai calon nasabah yang dapat memilih asuransi mobil, maka pastikanlah premi asuransi yang dipilih jangan terlalu kemahalan ataupun kemurahan. Hal ini maksudnya jangan terlalu mudah percaya ketika ada perusahaan asuransi yang menawarkan premi asuransi yang harganya tidak masuk akal. Karena bisa jadi perusahaan asuransi tersebut abal-abal atau palsu.

Memperhatikan bagaimana kredibilitas perusahaan asuransi mobil yang anda pilih. Kredibilitas perusahaan dapat dilihat dari reputasinya, baik dalam hal kapan berdirinya, bagaimana pelayanannya ataupun anda dapat mencari sendiri informasinya. Informasi dapat anda dapatkan baik dari pelanggannya atau banyak tidaknya pelanggan yang komplain.

Memperhatikan rekanan bengkel perusahaan asuransi tersebut. Ketika kendaraan yang anda punya mengalami kecelakaan dan dibawa kebengkel rekanan asuransi tersebut. Maka perhatikan bagaimana pelayanan yang diberikannya atau suku cadang yang tersedia. Jangan sampai anda malah mengalami kerugian karena pelayanan bengkel yang tidak maksimal.

Memperbandingkan dengan asuransi yang lain. Hal ini dapat berguna sebagai referensi anda dalam memilih layanan dan juga harga premi yang ditawarkan oleh perusahaan. Sesuaikan pula asuransi mobil yang akan anda pilih dengan keuangan yang anda punya.

Popular Posts