Teknik Dalam Permainan Bola Basket Bagi Yang Profesional

Bola basket merupakan olahraga yang memerlukan ketangguhan dalam fisik, penguasaan terhadap bola dan juga teknik bermain yang cermat. Hal ini karena dalam bola basket akan terjadinya kontak fisik antar pemain, strategi dalam bermain dan juga kualitas pemain itu sendiri. Semua hal tersebut akan berperan dalam menentukan kemenangan atau kekalahan yang diperoleh suatu tim. Namun karena ini sifatnya permainan tim maka kekompakanpun akan sangat berpengaruh terhadap terhadap hasil yang akan dicapai.

Untuk meraih kemenangan selain dari teknik yang cerdas, diperlukan juga teknik-teknik khusus yang dapat mengecoh atau mengelabui pemain lain dalam bertanding. Sehingga jika penguasaan yang benar terhadap teknik ini berakibat kepada konsentrasi pemain lawan yang terpecah. Namun untuk melakukan teknik ini biasanya hanya dilakukan oleh mereka yang sudah profesional, karena untuk menguasainya diperlukan latihan yang tidak mudah. Tetapi dengan keuletan dalam berlatih dan semangat yang pantang menyerah maka hal tersebut tidak akan sulit untuk dilakukan. Dan diantara teknik dalam permainan bola basket yang dapat mengelaui dan mempersulit lawan adalah sebagai berikut:

1. Fade away. Fade away merupakan teknik dalam bola basket dengan cara mendorongkan badan kebelakang saat melakukan tembakan ke ring. Hal ini dapat menyulitkan para defender lawan dalam menghadang bola. Teknik inipun tidak mudah dilakukan bagi merka yang baru pemula karena kurangnya keseimbangan dalam melakukannya dapat menjadikan badan jatuh kebelakang. Sehingga hanya mereka yang profesional yang kebanyakan dapat melakukannya, seperti Michael Jordan, O’Neal, Kobe Bryant dan yang lainnya.

2. Crossover. Crossover ini merupakan cara dribble dengan memantulkan bola yang berpindah dari tangan kanan ke tangan kiri ataupun sebaliknya. Bahkan sekarang sudah ada teknim yang digabungkan dengan memantulkan dari depan ke belakang. Hanya mereka yang sering berlatih dan pantang semangat yang dapat melakukannya secara sempurna.

3. Jump shoot. Yaitu suatu tembakan bola ke arah ring lawan dengan lompatan yang tinggi. Dalam melakukannya diperlukan akurasi shooting yang bagus sehingga bola dapat masuk ke dlam ring. Bagi pemain profesional yang dapat melakukannya akan sulit sekali untuk menggagalkan tembakan seperti ini.

4. Slam dunk. Slam dunk merupakan cara dalam memasukan bola yang paling populer, karena dengan slam dunk ini diperlukan tidak hanya keberanian dan teknik yang tinggi, tetapi juga memerlukan kecerdasan dalam bermain. Sebenarnya dalam teknik ini hanya memasukan bola secara langsung ke dalam ring dengan menghempaskan tangan pada ring. Secara umum slam dunk dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki postur badan yang tinggi.

5. Hook shoot. Salah satu tehnik yang efektif dalam melempar bola ke jaring lawaan ketika dijaga oleh pemain lain yang lebih tinggi adalah dengan hook, yaitu menembak dari samping dengan satu tangan, hal ini dilakukan bila jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh.

Popular Posts