Beberapa Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari akan membuahkan hasil yang maksimal ketika kita melakukannya dengan cara sungguh-sungguh. Begitu pula jika kita menginginkan memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Karena tubuh yang sehat merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya dan untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat tidak bisa dibentuk dengan begitu saja, tetapi harus menempuh beberapa proses pola hidup sehat yang akan kita jalani dengan aturan yang harus dipatuhi.
Karena pada dasarnya melakukan pola hidup sehat sangat mudah jika kita memiliki komitmen ketika melakukannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita jadikan sebagai bahan referensi ketika melakukan pola hidup sehat, diantaranya :

1.  Memeriksa kondisi kesehatan tubuh kita terlebih dahulu ke dokter, karena memeriksakan kondisi tubuh merupakan hal pertama yang harus kita lakukan, supaya setelah kita mengetahuinya kita bisa memilih cara apa saja yang akan digunakan dan cara yang tidak boleh digunakan.

2.  Mengecek keadaan fisik. sering melakukan aktivitas apa saja tubuh kita ? apakah kita sering melakukan olahraga ? ataukah kita hanya duduk sepanjang hari dan kurang bergerak aktif? Karena keadaan fisik yang sering melakukan olahraga akan berbeda daya tahan tubuhnya dengan yang hanya digunakan duduk saja.


3.  Tuliskan makanan apa saja yang baik ataupun tidak bagi kesehatan tubuh kita, karena untuk menghindari alergi ataupun menjaga tubuh kita dari hal yang buruk yang tidak diinginkan.

4.  Melakukan olahraga secara rutin dan teratur, karena dengan berolahraga daya tahan tubuh kita semakin meningkat.

5.  Kurangi atau berhenti merokok, karena rokok mengandung zat yang tidak baik bagi tubuh dan bisa menimbulkan banyak penyakit yang berbahaya .

6.  Konsumsilah makanan sehat yang banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti yang mengandung vitamin, protein, kalsium, zat besi dan zat lainnya. Dan hindari makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak dan kolestrol yang tidak baik bagi tubuh.

7.  Hindari atau kurangi kegiatan begadang dan lakukan tidur yang teratur dan cukup, karena jika kita tidur dalam waktu yang kurang ataupun berlebihan, kemungkinan kita akan mengalami sesuatu yang membuat tubuh menjadi kurang sehat.

8.  Kurangi stress dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, karena pikiran salah satu hal yang bisa mengakibatkan tubuh kita menjadi kurang sehat.

No comments

Post a Comment