Pola Hidup Sehat Seperti Rasulullah SAW

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal merupakan impian atau idaman setiap orang, karena dengan memiliki tubuh yang sehat, kita bisa melakukan segala aktifitas sehari-hari dengan maksimal, seperti bekerja dan menuntut ilmu. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal tidak bisa terbentuk dengan sendirinya, tetapi kita memerlukan beberapa proses yang harus kita jalani, seperti melakukan pola hidup sehat. Setiap orang memiliki pola hidup sehat yang beraneka ragam, tergantung kepada bagaimana kondisi tubuh yang dialami oleh setiap orang.
Karena terus meningkatnya jumlah orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal dan sehat, sehingga ada sebagian orang yang memanfaatkan momen tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan dengan membuat buku, mengadakan seminar dan menawarkan training-training menganai pola hidup sehat.
Salah satu yang sering dijadikan sebagai panduan atau pedoman untuk melakukan pola hidup sehat, yaitu dengan mengikuti pola hidup sehat seperti Rasulullah SAW, berikut ini beberapa pala hidup seperti Rasulullah SAW yang bisa kita gunakan sebagai panduan, diantaranya:

1.  Ketika pagi hari Rasulullah SAW selalu menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena bagian tersebut merupakan organ tubuh yang cukup berperan penting sebagai jalan keluar masuknya makanan dan minuman yang kita konsumsi. Karena kuman atau bakteri sangat mudah masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan.

2.  Ketika pagi hari juga Rasulullah SAW melakukan sarapan yang petamanya dengan meminum segelas air putih dingin yang dicampur dengan satu sendok madu asli. Karena madu mengandung zat yang sangat baik khasiatnya bagi tubuh, dan biasanya digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit yang terdapat di dalam maupun luar tubuh. Menurut kesehatan juga madu bisa berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

3.  Ketika Rasulullah SAW minum dan air yang akan diminumnya dalam keadaan panas, Rasulullah SAW tidak pernah meniupnya, karena ketika kita meniupkan udara ke air, banyak kuman atau bakteri yang keluar dari mulut dan ikut melalui udara yang kita tiupkan. Karena mulut merupakan salah satu sarang kuman.

4.  Rasulullah juga makan ketika sudah merasakan lapar dan berhenti sesudah merasakan kenyang.

Demikian beberapa pola hidup sehat seperti Rasululloh SAW yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan banyak manfaat yang bisa dijadikan sebagai bahan panduan ketika ingin melakukan pola hidup sehat.

Comments

Popular Posts