Teknologi Komponen Panel Listrik

Panel listrik dapat diartikan sebagai sebuah perangkat yang berfungsi membagi, menyalurkan, dan mendistribusikan tenaga listrik dari sumber atau pusat listrik ke konsumen atau pengguna. Bentuk panel listrik itu umumnya seperti box, dibuat dari bahan plastik maupun stain less. Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia saat ini. Hampir seluruh kegiatan manusia berkaitan erat dengan aliran listrik, baik untuk memasak, mengerjakan tugas, bahkan untuk bekerja.
Pada pemasangan listrik itu sendiri baik di rumah, gedung, maupun di tempat lainnya diperlukan beberapa komponen salah satunya adalah panel listrik. Dampak pentingnya panel listrik menyebabkan banyak produsen yang memproduksi box panel listrik dan jual panel listrik. Beberapa komponen terlibat dalam pembuatan panel listrik.

Beberapa di antaranya adalah box panel, MCB dan MCCB. MCB adalah singkatan dari Miniature Circuit Breaker berfungsi sebagai peralatan pengaman terhadap gangguan hubungan singkat dan beban lebih yang akan memutuskan secara otomatis apabila melebihi dari arus nominalnya. Box panel adalah bagian luar dari panel yang berfungsi sebagai tempat dari rangkaian – rangkaian panel itu sendiri. Box panel ini terbuat dari bahan logam, sehingga dalam rangkaian panel di beri groud agar aman bagi pengguna.

MCCB merupakan salah satu alat pengaman yang dalam proses operasinya mempunyai dua fungsi yaitu sebagai pengaman dan penghubung. Melalui kecanggihan teknologi saat ini, banyak sekali produsen yang jual panel listrik dengan beragam inovasi dan keunggulannya.

Hal tersebut disebabkan keberadaan panel listrik yang begitu penting, sehingga dalam pemasangan listrik menyebabkan berbagai komponen di dalamnya pun sangat penting, di antaranya adalah box panel listrik. Panel listrik itu sendiri dibuat dengan beberapa komponen di dalamnya, seperti box panel, MCCB, dan MCB.

Berbagai komponen dalam pembuatan panel menyebabkan satu kesatuan yang saling berhubungan dan penting. Beberapa produsen memproduksi panel listrik, salah satunya adalah produsen panel listrik. Dengan demikian, untuk kenyamanan penggunaan listrik gunakanlah box panel listrik yang asli.

No comments

Post a Comment