Komponen Sistem Touchscreen

Jika anda perhatikan gadget generasi terbaru saat ini hadir dengan ukuran layar yang sangat lebar dan besar bila dibandingkan dengan dagdet generasi sebelumnya. Selain itu, gadget generasi terbaru juga tampil tanpa memiliki deretan tobol seperti biasanya. Lalu bagaimana mengoperasikannya jika tidak gadget ini tidak memiliki tombol? 
Komponen Sistem Touchscreen
Hal ini terjadi karena gadget generasi terbaru menggunakan teknologi Touchscreen. Apa itu Touchscreen? Bagaimana cara menggunakannya?

Touchscreen atau yang biasa disebut layar sentuh merupakan sebuah perangkat yang dapat diaplikasikan pada berbagai jeni gadget seperti smartphone, tablet atau komputer. Touchscreen dapat bekerja dengan melakukan sentuhan pada permukaan layar tampilnya. 

Secara umum, Touchscreen memiliki tiga komponen utama, yaitu:

Panel sensor, panel sensor adalah komponen yang bertugas untuk menerima stimuus sentuhan. Panel sensor ini terletak di lapisan paling luar layar Touchscreen. Panel sensor ini merupakan bagain yang paling sensitiv terhadap sentuhan. Hindarkan pane sensor terhadap hal – hal yang dapat merusaknya seperti air ataupun goresan sehingga sensitivitasnya dapat terganggu.

Pengontrol Touchscreen,pengontrol Touchscreen merupakan bagian yang melakukan pemrosesan sinyal sentuh yang diterima dari panel sensor. pengontrol Touchscreen kemudian menerjemahkan sinyal tersebut ke dalam bahasa data laluditeruskan ke prosesorgadge anda.

Driver perangkat lunak, driverperangkat lunak merupakan bagian yang berfungsi menerjemahkan sinyal sentuh yang diterima menjadi data (bahasa pemrograman), sehingga sinya tersebut dapat dibaca oleh prosesor gadget anda.sehingga prosesor gadget anda dapat memebrikan perintah yang tepat sesuai prmintaan.

Itulah ketiga komponen touchscreen yang saling berhubungan dan saling berkaitan satu sama yang lainnya sehingga layar sentuh bisa bekerja optimal.

Comments

Popular Posts