Alat-Alat Canggih Hasil Dari Penerapan Teknologi

Alat-Alat Canggih Hasil Dari Penerapan Teknologi

Teknologi Di Bidang Kesehatan – Kecanggihan teknologi yang ada dalam semua bidang keahlian dan pekerjaan sangat berguna bagi peradaban manusia. Salah satunya, yaitu teknologi yang terus berkembang dalam bidang kesehatan. Saat ini teknologi menjadi sangat berperan dalam dunia kesehatan dan kedokteran. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya produk-produk atau alat-alat kedokteran yang diciptakan guna membantu dokter dalam menangani pasien. 

Alat-alat hasil teknologi di bidang kesehatan sangat mendukung profesionalisme fungsi medis yang secara langsung berperan aktif dalam bidang medis. Sebagai contoh, berikut ini beberapa alat-alat medis yang dihasilkan dari aplikasi teknologi di bidang kesehatan yang berkembang saat ini: 

CT (Computer tomography) - Scan : sebuah metode pengambaran medis yang menggunakan teknik radiografi yang difokuskan pada struktur yang terletak di atas dan di bawah struktur tersebut yang akan dieliminasi atau dikaburkan sebagai akibat pergerakan (tomography) yang mana dilakukan pemrosesan geometri guna menghasilkan sebuah gambar tiga dimensi dari bagian dalam sebuah objek yang menghasilkan foto bagian-bagian dalam dari tubuh dengan lebih lengkap dan akurat. 

Endoscopy dan Colonoscopy : alat kedokteran yang memiliki fungsi guna mengetahui kelainan yang terjadi pada organ-organ pencernaan dalam tubuh bagian atas dan juga tenggorokan, serta untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan bagian bawah dalam tubuh, seperti rectum, anus, hingga usus bagian bawah. 

X-Ray atau Rontgen: alat yang digunakan untuk mengetahui bagian dalam tubuh manusia, khususnya paru-paru yang cara kerjanya menggunakan sinar radiasi. 

Laparoscopy: alat yang digunakan untuk membersihkan darah dan untuk melakukan inseminasi. Ultrasonography (USG) : alat yang digunakn untuk melihat perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil, serta untuk mengecek adanya penyakit lain dalam tubuh seperti kanker, miom, tumor, dan lain sebagainya. 

Elektrokardiografi (ECG) : alat yang diciptakan untuk merekam aktivitas elektro atau kelistrikan yang terjadi di dalam jantung. Hasil rekaman alatnya terlihat pada alat yang bernama Elektrodiagram. Alat ini biasanya digunakan pada penyakit-penyakit yang berkaitan dengan fungsi jantung. 

Selain alat-alat diatas, masih banyak lagi alat-alat canggih lainnya yang diciptakan dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan. 

Comments

Popular Posts