Cara Membersihkan Kalung Berlian yang Bisa Anda Lakukan


Semakin sering digunakan maka keindahan sebuah kalung juga akan semakin berkurang. Apalagi jika Anda tidak membersihkannya secara rutin. Pasti akan ada debu atau kotoran lain yang tertinggal pada bagian kalung. Perawatan dan juga pemeliharaan perlu dilakukan meskipun sebenarnya kalung berlian adalah perhiasan yang kuat dan tahan lama. Setelah mengenakan kalung dan ingin menyimpannya, Anda disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu. Ada beberapa cara membersihkan kalung yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

Membersihkan Kalung Menggunakan Cuka

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kalung adalah cuka. Pertama Anda harus menyiapkan beberapa bahan yaitu berupa cuka ½ gelas kecil, air hangat, dan juga baking soda sebanyak 2 sendok makan. Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Cari sikat yang halus dan lembut agar material logam maupun berlian tidak tergores. Bersihkan menggunakan pasta yang telah dibuat secara hati-hati. Bilas lalu keringkan menggunakan kain yang lembut.

Membersihkan Kalung Menggunakan Baking Soda

Apabila tidak ada cuka di rumah, Anda bisa membersihkan kalung menggunakan baking soda saja. Sebenarnya caranya tidak jauh berbeda ketika Anda menggunakan cuka. Siapkan bahan berupa baking soda sebanyak 2 sendok makan dan juga air. Campurkan air dan baking soda hingga menjadi pasta yang kental. Bersihkan menggunakan sikat lembut lalu bilas. Jika masih ada bagian yang belum bersih, segera ulangi kembali hingga kalung menjadi bersih.

Membersihkan Kalung Menggunakan Alkohol

Alkohol menjadi bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan kalung berlian asli. Anda tidak perlu membuat pasta seperti ketika menggunakan cuka dan baking soda. Anda hanya perlu menyiapkan bahan berupa alkohol dan juga kain lembut. Celupkan kain lembut yang telah Anda siapkan ke dalam alkohol. Angkat dan peras sedikit, lalu gunakan untuk membersihkan kalung secara lembut.

Membersihkan Kalung Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida bisa Anda dapatkan di pasaran dengan mudah. Jika menggunakan bahan ini, Anda perlu menyiapkan beberapa alat seperti cangkir dan kain lembut. Masukkan hidrogen peroksida ke dalam cangkir. Lalu rendam kain lembut dan bersihkan kalung Anda. Selain dengan cara itu, Anda juga bisa merendam kalung ke dalam cairan. Setelah itu, bersihkan menggunakan kain yang lembut.

Membersihkan Kalung Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan produk perawatan gigi yang pasti ada di rumah. Jadi Anda tidak perlu susah-susah mencari bahannya. Hampir sama dengan bahan lainnya, Anda juga harus menyiapkan kain dan sikat yang halus. Oleskan pasta gigi di kalung lalu gosok menggunakan sikat atau kain yang telah disiapkan. Gunakan handuk basah untuk membersihkan kalung dari busa.

Membersihkan Kalung Sesekali di Toko Perhiasan

Cara membersihkan kalung berlian asli yang terakhir yaitu dengan meminta bantuan ahli. Ada beberapa toko perhiasan yang memang menawarkan jasa membersihkan perhiasan berlian, termasuk kalung. Anda harus rela mengeluarkan budget lebih apabila memilih cara ini. Namun dibandingkan menggunakan bahan di atas, membersihkan kalung di toko perhiasan jauh lebih aman. Anda juga bisa sekaligus memperbaiki kalung apabila ada yang rusak.

Itulah cara membersihkan kalung berlian yang bisa Anda lakukan sendiri. Lakukan perawatan dan pembersihan dengan baik agar kalung Anda terjaga keindahannya. Jangan lupa untuk menambah koleksi Anda dari brand Mondial Jeweler. Brand di bawah CMK Club ini mengeluarkan koleksi Mondial Dreams yang sangat digemari. Banyak kelebihan dari kalung ini, mulai dari desain mewah, mampu menarik minat, dan elegan. Tersedia beberapa model kalung dari Mondial Dreams yang dapat Anda pilih. Selengkapnya langsung saja Anda lihat di www.mondialjeweler.com



No comments

Post a Comment