Menyelam Melihat Gunung Api Bawah Laut Sulawesi

Bagi anda pecinta wisata bawah laut tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat menarik berikut ini. Wisata bawah laut yang berada di Sulawesi tidak hanya taman laut saja. Sulawesi kini juga memiliki daya tarik lain berupa wisata gunung api bawah laut. Ada dua gunung api bawah laut yang sangat terkenal di daerah tersebut.

MENYELAM MELIHAT GUNUNG API BAWAH LAUT SULAWESI
Menyelam Melihat Gunung Api Bawah Laut Sulawesi

Berikut adalah kedua gunung berapi bawah laut dan mungkin anda harus kunjungi yang merupakan tempat wisata di Sulawesi.

Yang pertama ada Gunung Kawio Barat. Gunung api Kawio Barat ditemukan secara tidak sengaja pada sebuah penelitian oceanografi. Lalu setelahnya, barulah diadakan penelitian lebih lanjut terhadap gunung berapi bawah laut tersebut.

Nama Gunung Kawio Barat tersebut diambil karena letak gunung berapi bawah laut tersebut berada di wilayah Pulau Kawio Kepulauan Sangihe.

Dan selanjutnya adalah Gunung Mahangetang. Gunung Mahangetang terletak di perairan Pulau Mahangetang, Sulawesi Utara. Gunung tersebut oleh penduduk setempat juga dinamai Gunung Banua Wuhu yang puncak gunung tersebut berada pada kedalaman 6-9 meter di bawah permukaan laut. Ekosistem di puncak gunung ini sangat mengagumkan. Gunung Mahangetang juga merupakan gunung vulkanik yang masih aktif.

Sekitar pada kedalaman 7 meter, anda akan menemui terumbu karang yang dapat mengeluarkan gelembung udara dan gelembung-gelembung tersebut merupakan gas yang keluar dari perut Gunung Mahangetang. Pada kedalaman ini,suhu air laut akan sedikit lebih hangat, yakni sekitar 37 hingga mencapai 38 Celsius. Dan sangat disarankan bagi anda untuk tidak memegang terumbu karang yang mengeluarkan gelembung tersebut, karena suhu gelembung yang dikeluarkan terumbu karang tersebut sangat panas ketika masih berada di dalam terumbu dan dapat membuat tangan anda melepuh.

Jika anda ingin melihat sebuah ekosistem laut yang sangat menakjubkan di Gunung Mahangetang ini, maka menyelamlah lebih dalam lagi sampai pada kedalaman 10 hingga 20 meter. Setelah mencapai pada kedalaman tersebut anda dapat menyaksikan gugusan-gugusan terumbu karang yang berderet cantik, rapat dan terlihat sehat dengan berbagai jenis-jenis ikan dan hewan lainnya yang berlalu lalang, berlenggak-lenggok di sela-sela terumbu-terumbu karang. Ekosistem yang terdapat dalam kedalaman ini mirip dengan ekosistem Kawio Barat, dimana terumbu-terumbu karang dan biota lautnya sangat mempesona dan sangat menarik dengan bermacam-macam warna. Sangat disarankan untuk anda agar memakai pakain menyelam yang lengkap dikarenakan kedalamannya yang cukup dalam.

Keindahan panorama yang terdapat pada kedua gunung api bawah laut tersebut juga sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara.

Popular Posts