Ingin Membuat Makalah Terbaik? Perhatikan Caranya!

Tugas selalu menjadi makanan sehari – hari disaat kita sekolah, baik saat SD, SMP, SMA, apalagi Perguruan Tinggi. Saat masih SD atau SMP, mungkin tugas yang diberikan guru hanya sekedar tugas rumahan biasa yang mudah dan bisa dikerjakan sendiri. Akan tetapi, tugas dengan tipe berbeda dating saat mulai memasuki Perguruan Tinggi. Membuat makalah seolah menjadi sebuah tugas wajib yang diberikan dosen. Jenis makalah pun berbeda, mulai dari makalah kesehatan, makalah lingkungan hidup, makalah sosial budaya dan masih banyak lagi.


Dalam pembuatan sebuah makalah, kita tentu tidak boleh sembarangan, terutama jika ingin memiliki nilai bagus dan makalah yang berisi konten yang terpercaya. Sebagai contoh, dalam sebuah makalah kesehatan, sumber pengambilan informasi harus didapat dengan benar dan terpercaya karena berkaitan dengan kesehatan manusia/hewan/lingkungan. Sumber informasi akurat itu bisa berasal dari buku, wawancara, hingga melakukan penelitian secara langsung. Pada kesempatan kali ini, kita akan memaparkan apa saja yang harus dilakukan untuk membuat makalah yang baik.

Cover makalah: harus terdiri dari beberapa informasi seperti judul makalah, Tujuan Pembuatan Makalah, Nama Pembuat, Logo Lembaga/Institusi, Nama Lembaga dan Alamat, Tahun Akademik
Kata Pengantar: biasanya merupakan sebuah paragraf yang berisi tentang ucapan terimakasih terhadap pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah tersebut hingga sekilas pandang tentang isu yang akan dipaparkan pada makalah.

Daftar isi: memuat apa saja yang akan disajikan dalam makalah
Bab I Pendahuluan: berisi tentang latar belakang, ruang lingkup, tujuan manfaat
Bab II Isi: memuat tentang isi makalah secara jelas dan detail
Bab III Kesimpulan dan Saran: berisi tentang kesimpulan yang dapat diambil dari sajian makalah yang dibuat dan juga memuat saran – saran yang berkaitan dengan makalah tersebut
Daftar pustaka: memuat kumpulan referensi yang digunakan dalam pembuatan makalah. Anda tidak boleh melewatkan satu referensi pun yang digunakan dalam penulisan makalah agar sumbernya jelas.
Dengan memahami cara membuat makalah dengan benar, maka anda bisa mendapat ilmu yang baik juga nilai yang diharapkan. Namun, lebih dari pada itu, isi makalah adalah ilmu yang paling berharga.

Popular Posts