Perkembangan Internet di Indonesia

hadirnya internet ditengah kehidupan kita diperuntukkan supaya membantu segala aktivitas manusia, sehingga manusia dapat merasakan manfaat dari teknologi yang satu ini, mulai dari mudahnya mendapatkan berbagai macam informasi, berbelanja secara online, dan hal yang lainnya. namun tahukah anda bahwa manfaat dari internet yang dirasakan saat ini sangat jauh berbeda saat pertama kali internet datang ke Indonesia. Maka dari itu perkembangan internet di indonesia terus semakin meningkat, hal tersebut dapat terlihat dari semakin meningkatnya pengguna internet dari tahun ke tahun.


Dahulu, pengguna internet tidaklah sebanyak hari ini dikarenakan harga untuk memasang internet masih mahal. Selain itu, hari ini sudah ada banyak sekali smartphone yang juga dapat digunakan untuk mengakses internet dengan sangat mudah dimanapun dan kapanpun. Peningkatan pengguna internet di indonesia dimulai dari tahun 2006 dimana pengguna dari Internet sekitar 20 juta dan terus meningkat dari tahun ketahun. Hal tersebut terjadi karena teknologi semakin meningkat dan itu juga sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan internet di Indonesia hari ini dimana hampir semua ornag terkoneksi pada internet mulai dari ibu rumah tangga, anak anak dan yang lainnya.

Selain perkembangan teknologi yang semakin maju, perkembangan internet juga dipengaruhi oleh dukungan pemerintah dan juga perusahaan swasta dalam mengenalkan Internet di indonesia sehingga semua masyarakat sudah dapat menikmati kemudahan dan keuntungan dari internet. namun mengenai kecepatan pada teknolgi internet di Indonesia sendiri juga sangat jauh tertinggal dari negara tetangga seperti singapura dimana kecepatan akses Indonesia sekitar 4.1 mbps dimana itu sangat jauh berbeda dengan singapu yang memiliki kecepatan akses sekitar 61 mbps. Hal tersebut memang dipengaruhi oleh berbagai hal dan salah satunya yakni keterbatasan dana dalam melakukan perkembangan pada teknologi internet. meskipun demikian, hal tersebut tidaklah menjadi satu kendala besar karena pengguna internet di indonesia semakin hari semakin banyak dan hal tersebut dapat dijadikan satu kelebihan dari negara lain bahwa indonesia mampu meningkatkan jumlah pengguna internet setiap tahunnya.