Jauhkan Diri Anda dan Keluarga dari ISPA

Masih lekat dalam ingatan jika saat ini kabut asap sedang melanda Riau. Tidak bisa kita pungkiri jika kejadian kabut asap ini bukanlah hal pertama yang terjadi di Riau. Penyebabnya diduga berasal dari kebakaran hutan yang melanda sekitarnya. Tingkat asap saat ini pun semakin tebal dan parah. Akibatnya, bukan hanta jarak pandang yang semakin menipis tetapi ada akibat lain yang dikhawatirkan, yaitu datangnya penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Hingga saat ini sudah banyak warga sekitar yang terjangkit penyakit ini. Ada beragam artikel tentang kesehatan yang menjelaskan jika ISPA memiliki dampak yang bahaya bagi kesehatan.

Beberapa artikel tentang kesehatan mengatakan jika ISPA bahkan dapat berdampak buruk dan menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan serius. Lalu, apa sebenarnya ISPA, apa saja gejalanya, dan bagaimana cara mengobatinya?


ISPA adalah infeksi saluran pernafasan akut. Sesuai dengan namanya, penyakit ISPA ini merupakan sebuah penyakit yang menyerang area pernafasan yang berlangsung cukup lama. Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan penyakit ISPA. Selain karena virus dan bakreri, asap pekat yang mengandung zat – zat berbahaya bagi tubuh juga dapat menyebabkan ISPA jika terus – terusan terhirup. Salah satunya adalah asap karena kebakaran hutan, atau asap dari kendaraan bermotor.
Ada tiga jenis ISPA yang bisa dialami seseorang, mulai dari ISPA ringan, sedang, dan berat. ISPA ringan biasa ditandai dengan batuk – batuk, serak, pilek, hingga demam. Sedangkan ISPA sedang biasa ditandai dengan penambahan gejala lain seperti munculnya bercak seperti campak pada kulit, telinga sakit hingga bernanah, dan juga timbulnya suara seperti dengkuran saat anda bernafas. Sementara itu, ISPA berat ditandai dengan penambahan gejala yang makin banyak seperti kulit membiru, hingga berujung pada hilangnya kesadaran.

Pengobatan ISPA jika masih dalam tahap ringan adalah dengan segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat agar langsung mendapat penanganan sebelum ISPA semakin parah. Selain itu, hindari untuk mengkonsumsi makanan yang bisa memperparah keadaan pilek atau batuk anda seperti makan makanan berminyak hingga minum air es. Perbanyak minum air putih terutama air dalam keadaan yang masih hangat.

Popular Posts