Makanan Tinggi Protein Untuk Ibu Menyusui

Fitrah seorang ibu diciptakan untuk melahirkan dan menyusui anaknya, yang walaupun dalam hal menyusui sudah banyak ibu-ibu yang meninggalkannya. Dalam hal menyusui sebenarnya ini merupakan hal yang baik bagi seorang ibu untuk menjalain ikatan batin yang kuat antara seorang ibu dengan anaknya. Bagi seorang ibu yang menyusui anak secara langsung atau ASI eksklusif merupakan awal yang baik dalam memberi nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam perkembangan tubh dan juga otaknya.

Bayi akan mendapatkan nutrisi yang cukup dari ASI yang terjaga asupan makanannya, karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu secara tidak langsung akan juga dikonsumsi oleh anak melalui ASI ibunya. Oleh karena itu sangat penting bagi ibu untuk mengetahui makanan-makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan juga protein yang penting bagi ibu. Diantara makanan tinggi protein untuk ibu menyusui yaitu :

Sayuran.
Banyak nutrisi protein yang anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran, seperti bayam, brokoli, buncis dan yang lainnya. Sayuranpun merupakan sumber utama zat besi, serat, vitamin C dan yang lainnya. Sehingga sangat bermanfaat untuk ibu-ibu pada masa menyusui. Konsumsi sayur pada ibu-ibu disarankan sebanyak 3-5 porsi setiap hari, agar kebutuhan nutrisi pada anak terpenuhi.

Biji-bijian.
Makanan dalam biji-bijian dapat anda temukan dalam gandum, oatmeal, beras merah dan produk olahannya. Biji-bijian merupakan sumber vitamin B dan E, selain itu kalium, zat besi dan folat juga merupakan bagian dari nutrisi yang dikandung biji-bijian. Mengkonsumsi biji-bijian bagi ibu menyusui sangat baik bagi untuk nutrisi dan serat alami. Apalagi dalam biji-bijianpun terkandung protein yang juga sangat baik bagi kesehatan ibu dan bayi yang disusui. Dalam mengkonsumsi biji-bijian disarankan 6-11 porsi perhari, dalam bentuk biji apa saja.

Ikan.
Ikan menjadi salah satu menu yang wajib dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang menyusui. Kandungan protein dan omega dalam ikann sangat bermanfaat bagi perkembangan tubuh dan otak bayi. Ikan yang paling utama untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui diantaranya yaitu ikan salmon, tuna dan lele. Konsumsi ikan untuk ibu hamil disarankan sekitar 12 ons seminggu.

Kacang-kacangan.
Kacang merupakan pilihan terbaik bagi ibu-ibu ketika menyusui, maknan ini dapat dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu atau dikonsumsi dalam bentuk yang lain. Kandungan nutrisi dalam kacang terdapat protein yang tinggi, yang merupakan sumber baik karena mengandung lemak yang sehat. Adanya protein juga berguna dalam memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Selain jumlah proteinnya dalam kacang juga terdapat vitamin B, C, E, C, folat dan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Jenis kacang yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui diantaranya kacang kenari, kemiri, atau hazelnut.

Susu.
Meminum susu bagi ibu menyusui sangat baik dan juga dianjurkan. Karena dalam susu terkandung vitamin D yang bermanfaat dalam menyehatkan tumbuh kembang bayi. Selain itu dengan susu membuat ibu bayi mudah dalam menghasilkan produksi ASI karena mampu dalam merangsang produksi dan kualitas susu yang ibu bayi.

Popular Posts