Struktur Pembentuk Layar OLED

Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga melahirkan beberapa terobosan baru yang pertama kali diciptakan, ataupun memperbaharui beberapa teknologi yang telah lahir sebelumnya dengan penambahan kualitas, performa, ataupun kecanggihan. 

Salah satu bidang yang sering meluncurkan teknologi terbarunya adalah dunia komunikasi. Dimana dunia ini memiliki banyak sekali konsumen yang senantiasa menanti lahirnya terobosan – terobosan baru khususnya terobosan baru yang berkaitan dengan gadget. Salah satu terobosan baru tersebut adalah layar gadget OLED.

OLED atau Organic Light-Emitting Diode merupakan suatu piranti yang dapat berfungsi sebagai pemancar cahaya dan terbuat dari lapisan organic. 

OLED ini sangatterkenalfleksibeldenganketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm. Walaupun OLED ini sangat tipis namun tetap OLED ini memiliki struktur yang terdiri dari beberapa lapisan. Berikut adalah struktur OLED :

Bagian atas lapisan kaca terbuat dari oksida timah-indium yang berfungsi sebagai elektro depositif atau anode.

Lapisan organic dari diamine aromatic dengan ketebalan 750 nm.
Lapisan pemancar cahaya yang terbuat dari senyawa metal kompleks misalnya 8-hydroxy quinoline aluminium.
Lapisan elektro denegatif atau katode terbuat dari campuran logam magnesium dan perak dengan perbandingan atom 10:1.
Konstruksi keseluruhan dari beberapa lapisan di atas tidak lebih dari 500 nm. Hal tersebut berarti OLED sama tipis dengan selembar kertas. Karena ketipisannya ini membuat OLED menjadi sangat fleksibel dan dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Selain dari itu OLED ini memiliki kemampuan yang sangat baik. Dengan beberapa karakter OLED ini para vendor di dunia telekomunikasi dan informasi mengembangkannya dan mengaplikasikannya kedalam bentuk gadget. Gadget OLED ini digadang – gadang memiliki bentuk layar yang fleksibel sehingga dapat di tekuk ataupun digulung dan berbahan elastis yang tidak mudah pecah.

Gadget OLED merupakan terobosan terbaru di dunia gadget yang pastinya akan sangat menarik dan mentode perhatian publik. Dengan tampilan yang keluar dari pakem kaku selama ini pasti akan mengundang rasa penasaran banyak pihak.

Comments

Popular Posts