Pembahasan Seputar Teknologi Di Bidang Kesehatan

Pembahasan Seputar Teknologi Di Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, saat ini memang telah banyak menghadirkan teknologi terbaru melalui berbagai peralatan canggih yang digunakan dalam proses pengobatan pasien yang juga bermanfaat dalam pelayanan kesehatan dan diharapkan bisa memberikan fasilitas yang berkualitas dengan biaya yang tidak begitu mahal. Selain itu, ada begitu banyak penemuan yang didapatkan dari teknologi informasi baik itu dalam hal pengorganisasian suatu pengobatan maupun pengembangan penelitian-penelitian kesehatan. 

Sebagai contoh teknologi di bidang kesehatan adalah digunakannya saat ini rekam medis dengan berbasis komputer yang dapat menghimpun berbagai data klinis pasien secara lengkap. Selain itu, ada pula teknologi terbaru resep elektronik yang diharapkan dapat menjadi bagian dari sistem catatan kesehatan pasien yang akan membantu tenaga kesehatan dalam menghindari kesalahan-kesalahan yang biasanya sering terjadi dalam peresepan obat, misalnya dalam interaksi obat, cara pemakaian obat yang salah, ataupun pencegahan reaksi alergi akibat obat. 

Selain itu pula, adanya alat-alat canggih dalam bidang kesehatan dapat berfungsi untuk menunjang penanganan pasien. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi memberikan banyak pengaruh, baik itu pengaruh yang positif maupun negatif pada bidang kesehatan yang dapat membawa perubahan yang besar di masyarakat. Pengaruh positifnya, yaitu:

Bermanfaat dalam pelayanan kesehatan seperti fasilitas pelayanan dasar kesehatan maupun rujukan rumah sakit secara lebih efektif dan efesiensi.
Mempermudah tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan.
Membantu dalam pengambilan keputusan klinis, seperti; penegakan diagnosa, pemberian terapi, serta menghindari terjadinya reaksi alergi dan duplikasi obat.

Selain memiliki dampak positif, kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan juga memiliki dampak negatif. Seperti; kemudahan yang ada dalam penggunaan teknologi dapat menyebabkan kurangnya dan menurunnya efektifitas kerja dari tenaga kesehatan. 

Tenaga kesehatan sebaiknya harus dapat menggunakan teknologi dengan benar dan beretika sehingga tidak akan melanggar hak, privasi, keberadaan orang lain, dan juga harus ada keseimbangan antara kemajuan teknologi dan tenaga kesehatan. Itulah info yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam memahami teknologi di bidang kesehatan.

Comments

Popular Posts