Info Kemajuan Teknologi Di Bidang Kesehatan

Info Kemajuan Teknologi Di Bidang Kesehatan

Teknologi Di Bidang Kesehatan – Di era globalisasi sekarang ini, kemajuan teknologi memang sangat berkembang dengan pesat. Salah satu kemajuan teknologi adalah dengan adanya teknologi informasi (TI) yang telah merambah ke berbagai bidang kehidupan manusia. Definisi dari teknologi informasi, yaitu penggunaan peralatan elektronika guna menyimpan, menganalisa, dan juga mendistribusikan informasi apa saja melalui berbagai media. Tak terlewatkan, kemajuan teknologi informasi juga merambah pada bidang kesehatan. 

Kemajuan teknologi di bidang kesehatan telah memunculkan banyak temuan-temuan terbaru yang dihasilkan dengan bantuan Teknologi Informasi, baik itu dalam bidang pengobatan, pengorganisasian rumah sakit, maupun penelitian pengembangan dari ilmu kesehatan itu sendiri. Pelayanan kesehatan yang didukung penggunaan teknologi informasi saat ini tengah mendapat banyak perhatian dunia, apalagi dengan adanya peluang yang dipercaya bahwa teknologi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Dalam bidang kedokteran, perkembangan teknologi ini sangat menunjang ilmu kedokteran, baik secara klinis, dasar, maupun komunitas. 

Sebagai contoh, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu cepat telah menghasilkan ratusan ribu jurnal kedokteran yag dipublikasikan tiap tahunnya dan dapat diakses informasinya dengan melalui inrernet. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh teknologi dengan hadirnya banyak peralatan canggih yang diciptakan oleh para ilmuwan dan pengembang teknologi di bidang kesehatan yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat di dunia. 

Beberapa contoh diantaranya telah diciptakannya peralatan canggih sebagai berikut; Scanner kanker kulit yang memiliki fungsi untuk mendeteksi penyakit dan kanker kulit. Teknologi baru ini memakai teknologi fotografi yang ditunjang dengan gelombang elektromagnetik yang panjang. Data yang diambil dicocokkan dengan data base melanoma yang telah ada dan sudah terkumpul sebelumnya. Aspirin elektrik yang mana merupakan alat pereda sakit kepala atau migraine yang menggunakan pemancar listrik kecil. 

Plaster anti diabetes yang diciptakan dengan difungsikan untuk membantu penderita diabetes dalam mengurangi kadar gula dalam tubuh. Alat operasi katup jantung yang dapat membantu dokter dalam melakukan operasi katup jantung yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Demikian sekiranya informasi singkat yang dapat disampaikan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang teknologi di bidang kesehatan.

Comments

Popular Posts