Perkembangan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia 2-3 Tahun

Perkembangan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia 2-3 Tahun
Anak usia 2-3 tahun dapat disebut juga dengan masa bermain dan merupakan periode yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan intelektual secara optimal. Dalam setiap perkembangannya, anak memiliki karakteristik berbeda pada setiap tahapannya, mulai dari infant sampai adolescene. Begitu pula dengan kecerdasan emosional yang dimiliki setiap anak tentunya juga berbeda.

Perkembangan anak sendiri tidak terlepas dari peran seorang ibu,yaitu dengan memberikan stimulasi pada anak sejak dini. Kecerdasan emosional pada anak usia 2-3 tahun pun, dapat berkembang dengan baik jika selalu distimulasi dengan Kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang kecerdasan emosional tersebut.
Perkembangan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia 2-3 Tahun
Sebagian ibu memberikan stimulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional anaknya dengan cara mengajak anak bermain, seperti bermain peran, permainan yang dapat melatih pengendalian diri anak, atau permainan yang melatih anak berpikir untuk memecahkan masalahnya sendiri. 

Akan tetapi masih ada sebagian ibu yang masih belum mengetahui tentang pentingnya perberian stimulasi sejak dini. Dengan rutin memberikan stimulasi pada anak, maka kecerdasan emosional pada anak usia 2-3 tahun pun akan tumbuh dengan baik sesuai dengan tahapannya.

Pada anak usia 2-3 tahun adalah tahapan di mana seorang anak mulai menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi. Sebagian anak di usia ini sudah banyak yang lancar berbicara, sehingga membuat mereka tertarik dengan hal-hal yang baru. 

Dengan rasa keinginan tahuannya yang tinggi, anak pada usia ini selalu mencoba hal baru dan ingin bisa memecahkan masalahnya sendiri. Tentu ini akan merangsang kecerdasan emosional pada anak, tanpa sadar anak melatih dirinya untuk berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri.

Peran orang tua serta keluarga tentunya harus selalu didukung. Jika anak sudah merasa jenuh dan lelah karena tidak menemukan pemecahan masalah saat sedang bermain, maka peran orang tua dan keluarga harus selalu memberi dukungan dan semangat agar anak bisa melatih kesabaran serta pengendalian diri pada anak.

Perkembangan kecerdasan emosional anak pada usia 2-3 tahun ini, tentu akan semakin berkembang optimal karena pemberian Dancow pada anak, yang juga mendukung semua aspek perkembangan anak.

Comments

Popular Posts