Inilah Cara Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Image result for Inilah Cara Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Bagi kaum muslimin, ibadah puasa merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Dengan adanya kewajiban puasa tersebut, bukan berarti bahwa manusia tidak harus lupa dengan kesehatannya. Justru, puasa merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membuat tubuh anda selalu dalam kondisi prima. Hidup sehat sangat dianjurkan kepada siapapun, tidak terkecuali kepada orang yang sedang berpuasa. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan ketika anda sedang berpuasa.

Saat ini, banyak literature yang memuat bagaimana mewujudkan hidup sehat saat bulan puasa sehingga meskipun anda dalam kondisi tengah berpuasa, tubuh anda akan tetap dalam kondisi sehat dan prima sehingga anda akan tetap bisa melakukan berbagai jenis kegiatan atau aktifitas rutin anda sehari – hari.
Ada banyak cara untuk mewujudkan hidup sehat saat bulan puasa.

Adapun beberapa hal yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan saat berpuasa tersebut adalah sebagai  berikut :


  1. Penuhi asupan gizi anda. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan sahur dan berbuka yang kaya akan protein, vitamin, mineral, serta serat.
  2. Perhatikan jenis minuman yang kita konsumsi. Saat sahur atau berbuka, kita bisa mengkonsumsi jus buah yang bisa membantu proses pencernaan tetap lancar sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh. Selain itu, pastikan untuk meminum 8 gelas air putih demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.
  3. Perhatikan makanan  yang harus dihindari. Pakar kesehatan tidak menyarankan kita untuk mengkonsumsi gorengan serta makanan pedas dan berlemak yang bisa menghambat proses pencernaan dan meningkatkan asam lambung

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan cara – cara mewujudkan hidup sehat saat bulan puasa yang bisa anda lakukan.

Dengan melakukan beberapa hal di atas secara benar, maka ibadah puasa anda tidak akan pernah menjadi beban yang berat, justru anda akan lebih bisa merasakan kenikmatan berpuasa ketika anda memperhatikan beberapa hal yang akan mewujudkan hidup sehat ketika anda tengah berpuasa.

No comments

Post a Comment