Profesi di Jurusan Broadcasting

Jurusan broadcasting

Jurusan Broadcasting kini makin diminati bagi kalangan muda. Ini karena jurusan broadcasting dirasa menyenangkan dan membutuhkan ketrampilan dalam komunikasi dan kreativitas. Apalagi ada banyak profesi yang dapat kita lakukan jika mengambil jurusan broadcasting.

Jurusan Broadcasting kini juga telah hadir di IDS. Di IDS kita akan mendapat berbagai ilmu terkait broadcasting, terutama perfilman. 

Berikut bebeapa profesi yang bisa dipilih bila mengambil jurusan broacasting:


1. Penyiaran

jurusan broadcasting
jurusan broadcasting

Jai produser, sutradara, copy writer, reporter, dan lain – lain menjadi prospek kerja yang paling bagus. Dunia penyiaran pada dasarnya proses menyampaikan pesan melalui media seperti televisi, radio maupun surat kabar pada masyarakat. Bidang kerja broadcasting  umumnya ditempatkan di radio, stasiun televisi, ataupun kantor surat kabar maupun majalah.

2. Jurnalis

jurusan broadcasting
jurusan broadcasting

Jurnalistik mempelajari bagaimana mengemas berita agar menjadi sebaik mungkin agar dapat disebarkan kepada luas. Kemampuan menulis, peka pada kondisi sosial, dan kemampuan menyampaikan serta memilih memilah berita yang layak agar disebarkan serta mana yang tak layak disebarkan, jadi beberapa hal yang dapat diperoleh dari mempelajari ilmu jurnalistik. Bidang kerja seorang jurnalis yaitu menjadi reporter, news anchor, wartawan, dan news dubber.

3. Announcer dan presenter

jurusan broadcasting
jurusan broadcasting

Kemampuan dalam menyampaikan pesan secra baik serta dapat menarik perhatian banyak orang, ini menjadi bagian wajib dipelajari dalam broadcasting. Kemampuan tersebut juga sangat dibutuhkan agar menjadi seorang announcer (penyiar radio), sampaimenjadi seorang presenter televisi, entah acara olahraga, berita entertainment, berita resmi, dan lain-lain. Lulusan broadcasting harus pandai berbicara serta efektif dalam penyampaian maksud serta tujuannya. Hal itu yang menjadikan penyiar maupun presenter menjadi sasaran tepat sebagai prospek kerja dari lulusan broadcasting.


4. Perfilman

jurusan broadcasting
jurusan broadcasting

Dunia film memang sangat menarik untuk dipelajari. Ada banyak aspek bila kita belajar dunia film. Dari mulai sytradara, penulis skenario, lihgting, filmatografi, menjadi pemeran, dan lain sebagainya. Apalagi dengan makin berkembangnya perfilman Indonesia, tentu potensi profesi di dunia perfilman juga makin terbuka lebar. Dunia perfilamn juga membutuhkan orang-orang yang kreatif, inovatif, cekatan, dan profesional.

jurusan broadcasting
jurusan broadcasting
Jurusan Broadcasting memang semakin menarik di era modern ini. Tertarik untuk masuk juruan broacasting? Ini saatnya untuk mengikuti kelas di IDS yang pasti akan memberikan ilmu baru tentang dunia broadcasting.

No comments

Post a Comment