Beberapa Jenis Oli Motor Yang Perlu Kalian Ketahui

oli motor

Kalian semua pasti sudah tahu bahwa oli motor merupakan salah satu hal penting dan tidak boleh dilupakan yang harus ada pada motor. memberikan oli terbaik untuk motor anda merupakan kunci utama untuk mendapatkan performa motor yang maksimal. Oli sendiri berfungsi untuk melindungi mesin dari berbagai bahaya seperti gesekan pada mesin dan yang lainnya. 

Salah satu hal penting yang harus selalu kalian perhatikan ketika memilih oli untuk motor anda yaitu harus sesuai dengan karakteristik mesin motor. selain ketika membeli oli maka harus kalian sesuaikan juga dengan budget yang kalian punya. Perlu diketahui bahwa pada oli yang akan dibeli biasanya tercantum SAE 10w – 40, SAE 15w – 50 dan masih banyak lagi. 
oli motor

Dimana kode kode tersebut merupakan salah satu acuan yang digunakan untuk menentukan oli mana yang sesuai dengan mesin motor. Menurut bahan bakunya oli itu terbagi menjadi beberapa jenis atau bagian dimana setiap oli tersebut memiliki karakteristik yang berbeda beda. Oleh sebab itu untuk menambah wawasan kalian mengenai oli motor. maka berikut ini adalah beberapa macam oli yang perlu kalian ketahui berdasarkan bahan bakunya. 

1. Oli mineral 


Oli ini di buat dari bahan dasar dan juga proses penyulingan menggunakan bahan mineral. 

2. Oli synthetic 


Merupakan oli yang terbuat dari petroleum dan diproses secara kimiawi yang menghasilkan viskositas yang stabil sesuai dengan yang diinginkan. Oli synthetic ini memiliki kemampuan pelumas yang cukup baik. 

3. Oli semi synthetic 


Oli ini merupakan perpaduan antara oli synthetic dan juga oli mineral. 

4. Oli vegetable 


Oli yang satu ini terbuat dari tumbuh tumbuhan seperti jarak dimana oli ini memiliki kemampuan pelumas yang sangat baik dan sering digunakan untuk racing. Itu tadi beberapa informasi mengenai beberapa macam oli motor berdasarkan bahan pembuatannya. Apabila kalian ingin mendapatkann oli motor terbaik maka kalian bisa menggunaka berbagai produk oli dari merek ternama yaitu top 1.

No comments

Post a Comment