Cara Menjalankan Strategi dan Belajar Digital Marketing Dengan Efektif

Related image
Menjalankan strategi digital marketing dengan efektif membutuhkan ketekunan. Dalam menentukan strategi dan merumuskan taktik yang akan digunakan, hingga mengukur dari keberhasilan dengan indikator yang tepat. Salah langkah sedikit, semua juga bisa jadi berantakan. Lantas bagaimana cara memulai strategi digital marketing dan juga bisa menjalankannya secara efektif? 

Sebelum memulainya, ada baiknya jika Anda membaca terlebih lebih dahulu mengenai panduan belajar digital marketing. Masih banyak sekali yang kebingungan tentang bagaimana cara menjalankan strategi digital marketing yang efektif. Strategi bukanlah strategi Instagram, maupun strategi Facebook. Strategi juga bukan apa yang akan di posting di dalam Instagram, ataupun apa yang diisi di website, itu adalah taktik. Hal-hal tersebut yang terkadang masih sulit dipahami perbedaannya oleh kebanyakan orang. 

Jika taktik ini adalah apa yang di post pada Facebook, strategi ini adalah kenapa Anda membagikan konten tersebut. Kenapa juga Anda menggunakan Facebook sebagai salah satu channelnya. Strategi menjadi salah satu dasar di dalam semua hal yang akan Anda lakukan, terutama mulai dari channel hingga pada taktik yang akan kalian gunakan. Lantas, bagaimana caranya untuk membuat strategi digital marketing dan bagaimana cara menjalankan secara efektif? 

Related image

Mari kita simak informasinya: 


1. Tentukan Strategi Anda


Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan strategi yang akan digunakan. Anda juga harus memahami apa yang dinamakan istilah Unique Selling Proposition (USP) dari produk ataupun bisnis yang ingin Anda jual tadi. Apakah pelayanan Anda? Ataukah kualitas dari produk yang ingin Anda kedepankan? Setelah mengetahui apa USP dari produk Anda, pada tahapan selanjutnya adalah menjadikan USP tersebut sebagai cerita. Cerita yang bisa Anda gunakan dalam semua taktik dasarnya. 

2. Petakan Audiens


Tahap selanjutnya dalam belajar digital marketing ini adalah memetakan audiens. Anda harus juga banyak memahami audiens hingga pada tahap personal agar strategi bisa dijalankan secara maksimal dan sukses. Pertama-tama, Anda juga harus menentukan Audience persona. Seperti apa audiens Anda? Pahami dulu mulai dari aspek demografi, motivasi, hingga pada sebuah tujuan mereka. Setelah Anda berhasil membuat audience persona, mungkin Anda akan memahami bahwa semua audiens Anda itu tidaklah sama. Ada yang bermotivasi untuk membeli, ada juga yang hanya untuk mencari informasi. 

No comments

Post a Comment