3 Bahan dan Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak pada Anak

Image result for 3 Bahan dan Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak pada Anak
Kondisi kesehatan anak sangat penting untuk diperhatikan, karena sangat berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya. Gangguan kesehatan yang sering dirasakan anak adalah batuk berdahak. Penyebabnya berbeda-beda, seperti flu, alergi, maupun infeksi. Ketika anak mengalami batuk berdahak, seringkali dirasakannya saat anak berbaring. Hal tersebut dikaernakan dahak berkumpul di belakang tenggorokan. Bukan dikeluarkan, tetapi anak lebih sering menelan dahak. Tidak heran, jika saat anak batuk berdahak sering disertai dengan sakit perut maupun muntah-muntah.  

Orang tua tidak perlu terlalu cemas ketika anak mengalami batuk berdahak, karena itu adalah hal yang wajar. Gejala batuk berdahak bisa memburuk dalam 2-3 hari pertama, kemudian mereda dalam beberapa hari ke depan. 

Tetapi, bila orang tua ingin melihat kesehatan anak kembali seperti semula, sebaiknya segera atasi batuk berdahak pada anak dengan beberapa bahan dan cara alami berikut ini:

1. Madu

Menggunakan madu untuk mengobati batuk berdahak pada anak merupakan cara yang lebih aman dan efektif daripada menggunakan obat-obatan sejenis dekongestan. Madu yang memiliki kandungan antioksidan, dipercaya dapat memerangi peradangan dalam tubuh anak. 

Berikan sedikitnya ½ sendok teh madu pada anak, kurang lebih 4-5 kali setiap hari. Memberikan madu pada anak yang menderita batuk berdahak, yaitu ketika anak berusia dua tahun keatas.

2. Air putih hangat

Air putih hangat sangat membantu dalam menguraikan dahak dan menyembuhkan infeksi pada dinding tenggorokan. Selain itu, rasa gatal ketika batuk, efektif sekali diatasi dengan air hangat ini. Bantu redakan batuk berdahak pada anak dengan minum air hangat 6-8 gelas setiap hari secara bertahap, yakni satu gelas setiap kali minum.

3. Jus lemon

Jus lemon sangat manjur mengatasi batuk berdahak pada anak. Selain itu, jus lemon juga bisa menyembuhkan pilek dan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Beri anak satu sendok teh jus lemon setiap 3 jam sekali. Berikan juga air putih hangat sebelum minum jus lemon tersebut.

Itulah 3 bahan dan cara alami mengatasi batuk berdahak pada anak di atas usia dua tahun. Jika batuk berdahak tersebut masih bertahan dalam jangka waktu 1 minggu, sebaiknya periksakan kesehatan anak pada dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.
Salam sehat!

No comments

Post a Comment