Mengenal Jenis dan Cara Perawatan Wajah Berjerawat dengan Tepat

Hasil gambar untuk Mengenal Jenis dan Cara Perawatan Wajah Berjerawat dengan Tepat

Ketika wajah berjerawat, pastinya sangat mengganggu penampilan, bukan? Meskipun Anda tidak ingin mengalami kondisi seperti itu, tapi jika sudah terlanjur datang, mau gimana lagi! Tetapi bukan berarti harus dibiarkan begitu saja, tetap saja mesti dilakukan perawatan wajah berjerawat, setidaknya dengan cara tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami.

Munculnya jerawat di wajah, diakibatkan beberapa faktor, seperti kulit sensitif, jenis kosmetik yang tidak cocok dengan kulit, bakteri, kotoran, dan lain sebagainya. Munculnya jerawat di wajah sangat umum dialami oleh pria maupun wanita di usia remaja menjelang dewasa. Jika orang dewasa ternyata masih berjerawat, itu artinya mereka kurang memperhatikan kesehatan wajahnya atau mungkin tidak pernah melakukan perawatan wajah berjerawat kepada ahlinya.

Mengenal jenis-jenis jerawat

Mungkin secara umum, Anda pun mengenal jerawat hanya satu jenis saja, tetapi sering muncul dalam jumlah yang cukup banyak. Padahal menurut ilmu kedokteran, jenis jerawat berbeda-beda, seperti jenis blackhead dan whitehead atau komedo, jerawat batu, jerawat postula, jerawat kistik, jerawat popula, dan jerawat nodul. Kondisi paling parah, yaitu jenis jerawat nodul.

Beda jenis jerawat, beda pula tempat munculnya. Tidak hanya pada wajah, tetapi disekitar leher dan punggung pun selalu muncul dengan tidak disadari. Jerawat sendiri bisa muncul karena sel kulit yang telah mati menimbulkan keluarnya minyak berlebih dan menyumbat pori-pori kulit dan saluran folikel rambut. Akhirnya, muncullah gejala jerawat dengan adanya benjolan kecil hingga terus tumbuh menjadi cukup besar dan sedikit terasa perih dan mengganggu penampilan.

Cara penanganan jerawat

Jika sudah terlanjur ada, bagaimana cara penanganannya? Jika masih bisa dilakukan di rumah, bagaimana langkah-langkahnya? 

Pertama, jika kondisi jerawat masih ringan, seperti komedo atau postula, maka Anda harus membiasakan mencuci wajah secara rutin minimal sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Gunakan sabun muka yang cocok dengan jenis kulit Anda. 

Kedua, jenis jerawat kistik, popula, atau jerawat batu, Anda bisa lakukan perawatan wajah berjerawat di rumah dengan menggunakan masker wajah dari bahan-bahan alami. Anda bisa pilih tomat yang dicampur dengan perasan jeruk lemon.

Ketiga, jenis jerawat nodul. Jika kondisinya terlihat parah, lebih baik diperiksakan ke dokter untuk dilakukan penanganan yang lebih serius. 

No comments

Post a Comment