Tanda Bayi Sudah Siap Diberikan Makanan Pendamping ASI

Tanda Bayi Sudah Siap Diberikan Makanan Pendamping ASI
makanan pendamping asi

Selain usianya yang sudah memasuki 6 bulan, ada beberapa tanda buah hati Anda sudah siap diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Tanda-tanda yang muncul tersebut bisa semakin meyakinkan para orang tua yang masih bimbang untuk memberikan MPASI pada buah hatinya.

Lalu mengapa MPASI wajib diberikan pada usia 6 bulan? Alasannya karena pada usia tersebut, sistem pencernaan bayi sudah siap menerima beberapa asupan lain selain susu. Jika diberikan pada usia kurang dari 6 bulan, sistem pencernaan bayi akan bekerja lebih berat dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah untuk mengetahui tanda-tanda bayi siap diberikan MPASI, simak ulasan berikut.


3 Tanda Si Kecil Sudah Siap Menerima Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Bayi sudah dapat duduk dan menegakkan kepalanya
Seperti yang kita tahu, umumnya bayi yang memasuki usia 4-5 bulan sudah dapat duduk dan menegakkan kepalanya. Lehernya pun sudah kuat sehingga sudah dapat menelan makanan yang sifatnya lebih kompleks. Apabila bayi belum mampu menegakkan kepalanya dengan maka sebaiknya pemberian MPASI ditunda hingga si kecil benar-benar siap.

Bayi sudah bisa duduk di kursi khusus bayi
Tanda selanjutnya yang menunjukkan anak siap untuk menerima MPASI yaitu ia dapat duduk di kursi khusus bayi. Sejak pertama kali diperkenalkan dengan MPASI, maka sebaiknya Anda sudah membiasakan makan sambil duduk di kursi khusus atau berada di lingkungan meja makan. Sebaiknya jangan menyuapi anak di baby walker, bouncer chair yang mana tidak memungkinkan bayi untuk duduk tegak.

Perubahan pola makan dan tidur
Bayi yang sudah siap menerima MPASI umumnya membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dari biasanya. Sehingga hal tersebut membuat pola makan dan juga pola tidurnya menjadi berbeda dari biasanya. Misalnya, pola minum susu yang lebih sering dibandingkan biasanya. Apabila ia sehari-hari minum susu sekitar 5 kali dalam sekali minum, maka berubah menjadi 6 kali dalam sekali minum.

Sedangkan untuk pola tidurnya juga berubah, bayi yang berusia 6 bulan memiliki pola tidur yang lebih lama di malam hari. Namun ia akan bangun lebih pagi dari yang biasanya karena lapar dan meminta susu.

Nah itulah 3 tanda yang sering muncul pada bayi yang sudah siap diberikan makanan pendamping ASI. Perlu diingat, jika si kecil belum menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya Anda menunda pemberian MPASI pada bayi.

No comments

Post a Comment