Mengenal Gradasi Warna Berlian Terbaik Untuk Valentine

Warna Berlian Terbaik

Tahukah Anda bahwa berlian sesungguhnya tidak hanya memiliki warna putih atau warna bening saja? Faktanya berlian yang ada di seluruh dunia ini memiliki ragam warna yang cukup menarik untuk dijadikan perhiasan, apalagi dijadikan cincin untuk diberikan di hari valentine sebagai lambang kasih sayang kepada pasangan. Setidaknya, hingga saat ini ada beberapa warna berlian terbaik yang bisa Anda coba dapatkan. Diantaranya adalah berlian bening, putih, merah muda, merah, biru, dan kuning, yang semuanya terangkum kedalam gradasi warna berlian.

Jenis- Jenis berlian berwarna

Warna Berlian Terbaik

Berlian murni biasanya akan memiliki warna yang transpaan atau putih. Namun seiring dengan lingkungan pertambangan dan ditambah dengan reaksi kimia yang ada, berlian pun akan memiliki tingkatan warna yang berbeda-beda atau disebut dengan gradasi. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari dipengaruhi oleh kotoran kimia, atau sisa-sisa zat kimia selama berada di pertambangan, bisa juga karena adanya cacat struktural yang terdapat pada sisi kristal, sehingga terisi oleh karbon dioksida atau zat lainnya.

Menariknya sebuah berlian akan memiliki harga yang cukup tinggi bila dalam keadaan warna yang bening atau putih. Namun, semakin kuning berlian maka harga dari berlian tersebut pun akan semakin menurun tergantung dari gradasi warna menuju kekuningan. Artinya, semakin kuning berlian maka akan semakin lebih murah berlian tersebut. Akan tetapi, bukan berarti berlian dengan warna lain semuanya akan menjadi murah. Justru ada berlian yang memiliki warna lain yang dianggap langka dan sulit didapat. Yakni berlian engan warna biru, merah, atau merah muda yang memiliki harga jauh lebih mahal bahkan dibandingkan oleh berlian bening sekalipun.

Memahami gradasi warna berlian


Berdasarkan penelitian, warna kuning hingga coklat masih berada dalam kadar normal dan menjadi berlian yang sering dijumpai pada saat penambangan. Namun jika gradasi warna lebih menuju warna lain, maka berlian tersebut akan disebut sebagai “fancy diamond” atau berlian mewah. Untuk lebih memahami apa saja gradasi warna berlian yang ada, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Berlian bening /tanpa warna/ colorless


Gradasi warna diawali dari berlian yang bening atau tanpa warna. Berlian dengan warna seperti ini akan diawali dengan istilah grade D kemudian akan mengalami gradasi warna menuju grade E lalu grade F. Cara menentukan gradasi warna berlian ini pun harus melalui tes dan uji coba gemologist melalui perbandingan sisi ataupun berdasarkan para peneliti yang sudah profesional. Warna berlian dengan grade D hingga F ini sangat cocok bila dipasangkan dengan emas putih ataupun platinum.

Berlian sedikit warna / near colorless


Setelah berlian bening kemudian gradasi warna berlanjut menuju grade G,H, I, hingga grade J yang mulai terlihat sedikit memiliki warna. Bagi berlian dengan grade seperti ini biasanya akan memiliki harga dibawah dari berlian bening atau berlian dengan grade D hingga F

Berlian mulai berwarna / faint color


Kemudian dilanjut dengan gradasi warna dengan grade K,L, dan M yang sudah mulai berwarna kuning, dan sudah mulai terdeteksi oleh mata pada umumnya walaupun hanya sedikit. Dengan warna yangjelas ini membuat harganya pun semakin menurun bila dibandingkan berlian yang memiliki sedikit warna apalagi berlian yang bening.

Berlian sangat berwarna / very light color


Lanjut ke gradasi warna dengan grade N, O, P, Q hingga R yang sudah sangat terlihat dan jelas warna kuningnya. Sayangnya, berlian dengan warna kuning yang jelas seperti ini kurang diminati oleh banyak orang, apalagi untuk kegiatan romantis saat melamar pasangan atau valentine, dan harganya pun cenderung sangat murah untuk ukuran berlian.

Berlian super mewah / fancy diamond


Ini adalah berlian yang sangat langka dan sulit untuk ditemukan. Warnanya pun jauh dari gradasi warna seperti yang disebutkan diatas. Biasanya warna dari berlian ini sangat memukau dengan warna biru, merah, merah muda, dan warna lainnya. Namun tetap saja, yang memiliki warna berlian terbaik adalah warna bening sehingga lebih banyak dipilih oleh banyak orang.


No comments

Post a Comment