Kelebihan dan Tips Sebelum Memilih Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika
Setiap orang pasti sudah tidak asing dengan jurusan teknik informatika. Jurusan ini sudah lama populer. Bahkan, fakultas tersebut menjadi salah satu yang paling populer dan diidolakan oleh banyak orang. Lalu, apa sih yang menjadikan jurusan tersebut begitu banyak diminati? Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan apa saja kelebihan dan tips bagi Anda yang ingin memilihnya.

Apa Itu Fakultas Teknik Informatika?


Sebelumnya, kami akan menjelaskan apa itu teknik informatika. Fakultas ini adalah sebuah jurusan yang mempelajari bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi. Selain itu, program  ini juga meliputi transformasi data, atau dikenal juga dengan pengolahan fakta-fakta simbolik menggunakan komputer.

(source:https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgWuSKn-4bJL3WDTXCso7UCcBJdJKEmtMp6vyD_KHwl_zuTitI_rrKAqmk82IeBzNqYh8vgbWlQql6FSBvKAipTM55642xSqw9Kirbvf5NjHkpgeQlaJJ4ZQj3hZxzcVv861Xz2UxYXEndt5iFQDAVfE0C2KihDF7VfOtunYMTSPacdFX0LfHc9jWqWn8NVXsC0Y8r7PiwRi-x4Gho3QyK1K1v-r6JleedCTmDwTPWrwxxXytO7SaHeCKh6c8Y=)

Sederhananya, jurusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan maupun instansi di era yang modern. Karena, hampir setiap aktivitas perusahaan maupun instansi, dijalankan dengan menggunakan komputer.

Apa yang Dipelajari?


Dalam jurusan ini, ada cukup banyak sekali pelajaran yang bisa dipelajari. Adapun pelajaran tersebut di antaranya seperti:

Logika informatika
Pemrograman web
Pemrograman java
Jaringan komputer
Matematika
Algoritma dan pemrograman

Keenam hal di atas, adalah ilmu yang akan Anda pelajari di dalam jurusan tersebut. Bagi Anda yang ingin memilih fakultas tersebut, Anda harus persiapkan diri untuk mempelajarinya.

Peluang Kerja Sarjana Teknik Informatika


Salah satu kelebihan dari lulusan teknik informatika, adalah mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Anda berpeluang untuk bekerja dalam bebera bidang sebagai berikut:

1. Software Developer


Anda akan menjadi ahli dalam bidang pembuatan perangkat lunak. Seperti yang kita ketahui bersama, software adalah salah satu hal penting di era modern saat ini. Anda bisa bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan software dan yang berkaitan.

2. Game Developer


Dunia gaming adalah salah satu pekerjaan yang sangat propsektif. Anda bisa menjadi seorang pengembang game setelah lulus nanti. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang tersebut.

3. Web Developer


Pengembang website saat ini sedang banyak dibutuhkan. Peluang bekerja untuk menjadi seorang pengembang website sangat terbuka bagi seorang lulusan teknik informatika. Pekerjaan ini pun tergolong prospektif dan menguntungkan.

Itulah beberapa bidang yang cocok untuk Anda geluti. Selain itu, masih banyak peluang lain yang bisa Anda pilih.

Kelebihan Memilih Jurusan Teknik Informatika


Bagi Anda yang ingin memilih jurusan tersebut, kami akan menjelaskan apa saja kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan. Simak berikut ulasannya:

1. Banyak Dibutuhkan


Sarjana teknik informatika sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan maupun instansi. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi setiap orang yang lulus. Bagi Anda yang ingin segera mendapatkan pekerjaan ketika sudah lulus, jurusan inilah salah satunya.

2. Biaya Kompetitif


Memilih teknik informatika, tidak menyebabkan kantong kosong. Karena, biaya pendidikannya tergolong terjangkau dan kompetitif. Anda bisa cek harganya di masing-masing universitas yang menawarkan fakultas tersebut.

3. Banyak Ditemukan di Setiap Universitas


Hampir kebanyakan universitas di tanah air menyediakan fakultas yang satu ini. Artinya, Anda tidak perlu mencarinya di universitas-universitas khusus. Bahkan, universitas yang ada di daerah anda, mungkin menyediakannya.

Kesimpulan


Teknik informatika adalah jurusan yang sangat populer. Banyak perusahaan maupun intansi yang membutuhkan orang-orang lulusan fakultas teknik informatika. Di atas, kami telah menjelaskan apa saja kelebihan dan juga cara memilihnya.

Nah, demikian informasi seputar jurusan teknik informatika. Bagi yang saat ini berencana untuk melanjutkan pendidikan di fakultas tersebut, Anda bisa membaca tipsnya di atas sebelum memilih. Dengan begitu Anda bisa melanjutkan jenjang pendidikan dengan nyaman.

No comments

Post a Comment