7 Persiapan Penting Untuk Anda yang Ingin Kuliah Kelas Karyawan

kuliah kelas karyawan
Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi merupakan impian semua siswa yang baru lulus SMA atau SMK. Tidak heran, jika banyak dari mereka yang berusaha sekeras mungkin untuk bisa meraih impian tersebut, misalnya dengan mencari beasiswa dan lain sebagainya. Namun terkadang kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Masih banyak yang harus rela menunda kuliah karena berbagai alasan. Sebagian besar dari mereka terkadang juga memilih bekerja terlebih dahulu baru kemudian mengikuti kuliah kelas karyawan.

Ya, kuliah sambil bekerja saat ini bukan hal mustahil untuk dilakukan. Sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan program kelas karyawan demi mewujudkan mimpi mereka yang tidak bisa kuliah reguler. Pada umumnya, kelas karyawan memiliki jam yang fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal kerja. Namun karena harus membagi waktu antara kuliah dan bekerja, maka ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum mengambil kuliah kelas karyawan. Langsung saja, berikut ini adalah persiapan yang Anda butuhkan jika ingin kuliah sambil bekerja:

Restu Orang Tua


Meski Anda sudah merasa dewasa karena sudah bekerja tapi apapun yang dilakukan tetap harus seizin orang tua. Oleh sebab itu, Anda perlu meminta restu kepada orang tua sebelum memilih untuk kuliah sambil bekerja. Ketika orang tua tahu bahwa Anda kuliah maka mereka akan memahami kesibukan Anda setiap harinya.

Restu Perusahaan


Tidak hanya orang tua saja, Anda juga perlu meminta restu perusahaan. Ingat bahwa Anda masih memiliki tanggung jawab sebagai karyawan jadi perusahaan berhak tahu bahwa Anda berkuliah. Tidak sedikit perusahaan yang memberikan dukungan pada karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan.

Kedisiplinan


Kedisiplinan sangat penting untuk Anda terapkan saat sudah masuk kuliah. Pasalnya, saat itu Anda memiliki dua prioritas yaitu bekerja dan kuliah. Jangan jadikan tugas sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja, begitu pula sebaliknya jangan jadikan lelah bekerja sebagai alasan malas pergi ke kampus.

Manajemen Waktu


Anda bisa sukses dalam kedua hal baik itu pekerjaan maupun kuliah apabila mampu melakukan manajemen waktu dengan baik. Bagi waktu dengan baik antara kuliah dan bekerja. Saat Anda kuliah di malam hari maka fokuskan diri pada perkuliahan tersebut.

Pola Hidup Sehat


Menjalankan dua aktivitas sekaligus pasti akan menguras tenaga dan pikiran Anda. Apabila tidak bisa menjaga pola hidup sehat maka bisa saja keduanya gagal. Pasalnya, kesehatan merupakan salah satu hal utama yang membantu Anda bisa menghadapi kegiatan yang berlebih. Oleh sebab itu, terapkan pola hidup sehat, mulai dari makanan hingga olahraga. Hindari makan junk food atau makanan kurang sehat lainnya. Beristirahatlah yang cukup dan jangan memaksakan diri.

Mengurangi Waktu untuk Bersenang-senang


Jika mengambil kelas karyawan maka hari-hari Anda pasti akan sangat sibuk. Ketika pagi hari Anda harus bekerja hingga sore hari, sedangkan di malam hari atau akhir pekan harus mengikuti perkuliahan. Karena jadwal yang padat tersebut maka Anda harus rela mengurangi waktu bersenang-senang bersama teman.

Target


Persiapan penting terakhir yang harus Anda lakukan sebelum mengambil kelas karyawan adalah menentukan target. Sebagai contoh, Anda melanjutkan kuliah karena ingin mengembangkan karir sesuai profesi sekarang. Oleh sebab itu, Anda bisa mengambil perkuliahan sesuai dengan profesi saat ini.

Itulah 7 persiapan penting yang harus Anda lakukan jika ingin mengambil kuliah kelas karyawan. Jika sudah siap maka waktunya untuk Anda mencari universitas atau perguruan tinggi yang menyediakan kelas karyawan. Sebagai rekomendasi perguruan tinggi dengan kelas karyawan terbaik adalah IDS Digital College. Ada banyak kelebihan jika Anda memilih kuliah di IDS, seperti kurikulum berstandar internasional, pengajar berpengalaman, dan lain sebagainya. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat sendiri di ids.ac.id.

No comments

Post a Comment