Cara Merawat Perhiasan Berlian Agar Tetap Berkilau

perhiasan berlian
Mengoleksi perhiasan seperti cincin, gelang, anting, giwang, dan lain sebagainya sudah menjadi hal yang wajar bagi perempuan. Bahkan banyak dari mereka yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melengkapi koleksinya. Tidak hanya digunakan untuk mempercantik penampilan, perhiasan juga bisa digunakan sebagai bentuk investasi. Salah satu jenis perhiasan yang banyak dikoleksi perempuan adalah perhiasan berlian. Keindahan perhiasan ini memang dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan perhiasan jenis lainnya.

Berlian yang biasa dipasang pada bagian utama perhiasan terlihat sangat indah karena kilaunya. Namun kilau tersebut lama kelamaan akan melemah juga apabila Anda tidak bisa merawat perhiasan dengan baik. Untuk membantu Anda menjaga kilau berlian agar tetap indah, di bawah ini ada cara merawat perhiasan yang menggunakan berlian dengan benar:

Simpan Perhiasan dengan Benar


Menyimpan perhiasan dengan benar merupakan bagian dari merawatnya agar tetap indah dan berkilau. Pasalnya, tidak sedikit berlian yang kehilangan kilaunya karena salah dalam penyimpanannya. Cara menyimpan berlian yang benar yaitu dengan memisahkan tiap-tiap berlian pada kotak yang berbeda.

Usahakan menggunakan diamond jewellery box khusus sehingga perhiasan tersimpan dengan baik. Apabila Anda memang terpaksa menyimpannya pada tempat yang sama, maka pakailah kain lembut untuk memisahkan tiap-tiap berlian. Hal tersebut menjaga agar berlian tidak bergesekan satu sama lain dan menyebabkan kilaunya berkurang.

Jauhkan Perhiasan dari Bahan Kimia


Meskipun berlian merupakan perhiasan yang berkualitas namun tetap sensitif jika terkena bahan kimia. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melepas berlian ketika melakukan aktivitas yang berisiko membuat berlian terkena bahan kimia. Beberapa barang mengandung bahan kimia yang harus Anda hindari yaitu makeup, parfum, hairspray, dan lain sebagainya. Lepas perhiasan ketika akan makeup atau mandi, kemudian Anda bisa memakainya lagi 5 menit setelah mandi atau makeup.

Bersihkan Perhiasan dengan Benar


Banyak pemilik berlian pemula yang masih bingung bagaimana cara membersihkan perhiasan berlian dengan benar. Sebenarnya cara membersihkan berlian cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dipilih, diantaranya yaitu:

1. Rendam di dalam air sabun


Anda ternyata bisa memanfaatkan air sabun untuk membersihkan berlian. Caranya yaitu dengan merendam berlian dalam air hangat yang telah dicampur sabun selama 10 menit. Gosok perhiasan menggunakan sikat gigi bayi atau kain lembut, kemudian bilas dengan air yang bersih. Untuk mengeringkannya, Anda bisa menggunakan kain lembut atau hair dryer. Jangan menggunakan tisu untuk mengeringkan karena akan meninggalkan serpihan.

2. Memakai alkohol cair atau vodka


Selain dengan sabun dan air hangat, Anda juga bisa menggunakan alkohol cair atau vodka untuk membersihkan berlian. Caranya sama, yaitu dengan merendam berlian di dalam vodka, kemudian dikeringkan dengan kain lembut.

3. Menggunakan cleansing tool


Cara terakhir yaitu dengan menggunakan cleansing tool khusus untuk berlian. Alat ini mudah Anda dapatkan di secara online atau bisa Anda cari di toko perhiasan terdekat. Ada beberapa pilihan alat yang ada yaitu gel dan sikat, kain pembersih khusus, kertas pembersih khusus, dan kuas pembersih.

Cek Kondisi Berlian Secara Berkala


Cara merawat perhiasan dari berlian yang terakhir yaitu dengan rutin mengecek kondisi berlian. Perhatikan dengan baik ikatan rangka berlian, jika terlihat sedikit bergeser maka Anda harus segera melakukan service.

Itulah cara merawat perhiasan berlian yang benar untuk menjaga kilaunya tetap indah dan alami. Apabila ingin menambah koleksi perhiasan dari berlian, Anda bisa memilih perhiasan di Frank & Co. Brand satu ini menyediakan berbagai jenis perhiasan lengkap, mulai dari necklace & pendant, ring, earrings, bangle & bracelet, hingga perhiasan pria juga ada. Langsung saja kunjungi store terdekat atau website-nya di frankncojewellery.com.

No comments

Post a Comment