Ciri Pertumbuhan Anak yang Perlu Bunda Perhatikan

ciri pertumbuhan anak

Pertumbuhan dan perkembangan si Kecil merupakan perhatian utama para orang tua. Anak yang tumbuh normal dan optimal tentu saja memberikan ketenangan tersendiri bagi orang tuanya. Namun dalam memantau pertumbuhannya, ada beberapa ciri yang perlu Bunda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa ciri pertumbuhan anak yang sudah berusia 1 tahun:

Berat Badan Tiga Kali Berat Badan Lahir

Perkembangan si Kecil perlu Bunda catat setiap bulan agar bisa melakukan pemantauan dan melakukan perbaikan jika pertumbuhannya terhambat. Pada umumnya, anak berusia satu tahun memiliki berat badan tiga kali berat badan mereka waktu lahir.

ciri pertumbuhan anak

Ukuran Kepala Meningkat

Selain berat badan, ciri pertumbuhan anak usia 1 tahun selanjutnya adalah meningkatnya ukuran kepala mereka. Setiap 6 bulan, si Kecil biasanya akan mengalami pertumbuhan pada lingkar kepalanya sebanyak 1,3 cm. Pada masa ini, ubun-ubun si Kecil juga mulai menutup penuh.

Tingkat Pertumbuhan Lebih Lambat

Bayi yang baru lahir memiliki perkembangan fisik yang berjalan secara signifikan. Namun hal tersebut sudah tidak terjadi apabila si Kecil berusia di atas 1 tahun. Mereka akan semakin tinggi namun perkembangannya tidak sedrastis pada tahun pertamanya.

Baby Fat Menghilang

Bayi memiliki lemak khas yang terdapat pada beberapa bagian tubuhnya. Lemak khas tersebut lebih dikenal dengan istilah baby fat. Mereka yang berusia di atas satu tahun mulai kehilangan baby fat dan mengalami perubahan bentuk tubuh saat belajar berjalan.

Keterampilan Motorik Semakin Terasah

Keterampilan motorik kasar akan semakin terasah sehingga mulai bisa melakukan banyak hal sendiri. Beberapa keterampilan yang bisa dikuasai yaitu berdiri tanpa menggunakan pegangan, berjalan, berlari, minum menggunakan gelas tanpa tumpah, hingga naik tangga. Keterampilan motorik halusnya juga akan berkembang misalnya menumpuk, mencoret, dan lain-lain.

Itulah ciri pertumbuhan anak usia 1 tahun yang perlu Bunda perhatikan dan pantau. Perlu Bunda ketahui juga bahwa koneksi saraf dan perkembangan otak yang mengatur keterampilan dan potensi si Kecil terbentuk pada masa ini. Jadi Bunda perlu melakukan stimulasi agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal.

Selain stimulasi lewat aktivitas menyenangkan dan permainan, Bunda juga perlu memberikan asupan nutrisi lengkap pada si Kecil. Berikan makanan sehat yang dibutuhkan si Kecil dan lengkapi dengan pemberian susu secara rutin. Nestle Dancow 1+ dengan Nutritods hadir untuk anak usia 1-3 tahun. Kandungan 0 gram sukrosa dan lebih banyak laktosa membantu mendukung eksplorasi si Kecil. Lebih lengkapnya mengenai Nestle Dancow bisa Anda lihat di website www.dancow.co.id.

No comments

Post a Comment