Alasan Telur Menjadi Makanan Nutrisi Tinggi yang Baik



Telur ayam menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk diberikan pada si Kecil di masa tumbuh kembangnya. Pasalnya makanan satu ini memang dikenal sebagai makanan yang padat nutrisi karena mengandung banyak sekali nutrisi penting yang berguna dalam masa tumbuh kembang anak. Pastikan bahwa pengolahannya tepat karena kandungan nutrisi yang ada bisa berubah karena cara pengolahannya. Berikut ini adalah kandungan telur ayam yang direbus hingga disebut sebagai makanan nutrisi tinggi:

  • Protein


Protein adalah kandungan penting yang dibutuhkan tubuh karena memiliki asam amino esensial di dalamnya. Berbagai macam manfaat protein diantaranya yaitu menjaga kesehatan tulang dan otot, memproduksi hormon, serta memproduksi enzim. Konsumsi telur secara utuh agar mendapatkan protein yang lengkap.

  • Lemak

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak membutuhkan lemak yang lebih banyak untuk proses tumbuh kembangnya. Kandungan nutrisi ini dibutuhkan agar fungsi tubuh berjalan dengan maksimal. Jenis lemak yang baik untuk kesehatan anak adalah lemak tak jenuh karena membantu menjaga sel tubuh tetap sehat.

  • Karbohidrat

Alasan telur dikenal sebagai makanan nutrisi tinggi selanjutnya yaitu karena kandungan karbohidratnya. Meskipun tidak terlalu banyak dibandingkan sumber karbohidrat seperti beras dan ubi namun telur bisa membantu memenuhi sebagian kebutuhan karbohidrat anak. Oleh sebab itu, tidak jarang ahli yang merekomendasikan pemberian telur rebus sebagai camilan di sela-sela jam makan anak.

  • Vitamin A, B2, B5, dan B12

Ada berbagai macam kandungan vitamin dari telur yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Beberapa di antaranya yaitu vitamin A, B2, B5, dan B12. Vitamin A merupakan jenis vitamin yang berguna untuk kesehatan mata dan meningkatkan sistem imun. 

Vitamin B2 bermanfaat dalam pengolahan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil seperti lemak, protein, dan karbohidrat. Lalu vitamin B5 atau asam pantotenat berguna dalam pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan saluran cerna. Terakhir vitamin B12 berfungsi untuk membantu pembentukan DNA, menjaga kesehatan sistem saraf, dan menjaga kesehatan sel darah.

  • Fosfor

Fosfor adalah salah satu nutrisi yang sering ada pada produk susu pertumbuhan anak. Peran fosfor untuk tumbuh kembang anak yaitu membantu menjaga tulang agar kuat dan sehat. Konsumsi telur juga bisa membantu memenuhi kebutuhan fosfor bagi si Kecil.

  • Kolin

Kolin dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk perkembangan otak. Pasalnya kolin dalam telur ayam bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar dan menjaga daya ingat. Selain itu, kolin juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Jika Anda ingin membantu perkembangan otak dan kecerdasan anak, maka sebaiknya penuhi kebutuhan kolin setiap hari.

  • Antioksidan

Alasan terakhir mengapa telur sangat direkomendasikan untuk si Kecil yaitu karena kandungan antioksidannya. Ada dua jenis antioksidan yang terkandung pada bagian kuning telur yaitu zeaxanthin dan lutein. Keduanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata si Kecil dan menghindarkan mereka dari berbagai risiko kesehatan mata.

Itulah berbagai kandungan telur ayam hingga disebut dengan makanan nutrisi tinggi. Meskipun menjadi makanan yang direkomendasikan untuk si Kecil, namun pemberiannya tetap harus diperhatikan. Anak di bawah umur 3 tahun hanya boleh mengonsumsi telur sebanyak 1-2 butir  saja, sedangkan anak usia sekolah sebanyak 2-4 butir sehari. Anda bisa mengkombinasikan dengan makanan lainnya agar si Kecil mendapatkan nutrisi seimbang.

Apabila Anda adalah profesional yang ingin mendapatkan informasi seputar pediatri atau nutrisi, Anda bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Platform yang dihadirkan oleh Nutricia ini memberikan para ahli akses mengenai informasi seputar nutrisi dan kedokteran saat ini. Informasi mengenai Nutricia Professional bisa Anda dapatkan di website nutriciaprofessional.id.

No comments

Post a Comment