Cara Merawat Wajah Dengan Benar

cara merawat wajah

Tipe jenis kulit mungkin Anda curiga memiliki kulit kering, berminyak, atau sensitif, tetapi apakah Anda benar-benar tahu jenis kulit Anda? Mengetahui jenis kulit asli Anda dapat membantu saat berikutnya Anda berada di lorong kosmetik. Faktanya, menggunakan produk yang salah - atau bahkan peretasan Internet yang dipopulerkan - untuk jenis kulit Anda dapat memperburuk jerawat, kekeringan, atau masalah kulit lainnya.

Baca terus untuk mengetahui :

Bagaimana membangun rutinitas perawatan kulit Anda sendiri

Bagaimana menangani masalah kulit tertentu seperti jerawat atau bekas luka

Peretasan kulit DIY mana yang tidak sehat, meskipun tampaknya berhasil

Membangun rutinitas perawatan kulit sehari-hari

Apa pun jenis kulit Anda, perawatan kulit rutin setiap hari dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan memperbaiki masalah khusus seperti jerawat, jaringan parut, dan bintik hitam. Rutinitas perawatan kulit harian memiliki empat langkah dasar yang dapat Anda lakukan satu kali di pagi hari dan satu kali sebelum tidur. Berikut adalah tata cara merawat wajah. 

cara merawat wajah

1. Cleansing

Pilih pembersih yang tidak membuat kulit Anda kencang setelah dicuci. Bersihkan wajah Anda tidak lebih dari dua kali sehari, atau hanya sekali, jika Anda memiliki kulit kering dan tidak memakai riasan. Hindari mencuci untuk sensasi bersih melengking karena itu berarti minyak alami kulit Anda hilang. Pembersih yang dikenal bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit termasuk Cetaphil dan Banila Clean It Zero Sherbet Cleanser.

2. Serum

Serum dengan vitamin C atau faktor pertumbuhan atau peptida akan lebih baik di pagi hari, di bawah tabir surya. Pada malam hari, retinol atau resep retinoid bekerja paling baik. Rambut juga membutuhkan serum vitamin C dan E serta retinol yang efektif.

3. Pelembab

Meskipun kulit berminyak membutuhkan pelembab, tetapi gunakan yang ringan, berbahan dasar gel, dan non-comedogenic, atau tidak menyumbat pori-pori Anda, seperti lotion wajah CeraVe. Kulit kering bisa mendapatkan manfaat dari lebih banyak pelembab berbasis krim seperti MISSHA Super Aqua Cell Renew Snail Cream. Sebagian besar merek akan memberi label produk mereka sebagai gel atau krim pada kemasannya.

4. Tabir surya

Oleskan tabir surya dengan setidaknya 30 SPF 15 menit sebelum keluar ruangan, karena tabir surya perlu beberapa saat untuk aktif. Warna kulit yang lebih gelap sebenarnya membutuhkan lebih banyak perlindungan terhadap sinar matahari karena hiperpigmentasi lebih sulit untuk diperbaiki. Cobalah tabir surya EltaMD, yang menawarkan perlindungan UVA / UVB spektrum luas dan direkomendasikan oleh Skin Cancer Foundation.


Pilih produk yang sesuai dengan jenis dan sensitivitas kulit Anda, dan ingatlah untuk membaca labelnya. Beberapa produk, seperti retinol atau retinoid resep, sebaiknya hanya digunakan pada malam hari.

Mulailah dengan rutinitas dasar dan sederhana untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi. Setelah Anda merasa nyaman, Anda dapat menambahkan produk tambahan seperti exfoliant, masker, dan perawatan noda untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Dan jangan lupa untuk melakukan uji tempel pada produk baru, terutama jika Anda mencurigai Anda memiliki kulit sensitif. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi kemungkinan reaksi alergi.

Untuk menguji patch produk baru :

Oleskan sedikit produk pada kulit Anda di area yang tersembunyi, seperti bagian dalam pergelangan tangan atau lengan bagian dalam Anda.

Tunggu selama 48 jam untuk melihat apakah ada reaksi.

Periksa area tersebut pada 96 jam setelah aplikasi untuk melihat apakah Anda memiliki reaksi yang tertunda.

Reaksi alergi mungkin termasuk iritasi, kemerahan, benjolan kecil, atau gatal. Jika Anda melihat gejala ini, cuci area yang Anda uji dengan air dan pembersih yang lembut. Kemudian kembalikan produk dan coba produk lain yang lebih sesuai dengan jenis kulit Anda.

Peretasan DIY yang harus dihindari (bahkan jika semua orang melakukannya)

Orang-orang menginformasikan keajaiban menggunakan peretasan DIY seperti jus lemon dan pasta gigi untuk masalah kulit umum seperti benjolan jerawat dan bintik hitam. Bahkan aktris pemenang penghargaan Emma Stone mengklaim rahasia perawatan kulitnya adalah soda kue. Tetapi kenyataannya peretasan ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan jangka panjang daripada manfaat karena dapat merusak pelindung kulit Anda.

Beberapa bahan ini mungkin semuanya alami dan hemat biaya, tetapi tidak diformulasikan untuk kulit Anda. Meskipun Anda tidak langsung merasakan efek sampingnya, bahan-bahan ini dapat menyebabkan kerusakan tertunda atau jangka panjang. Sebaiknya gunakan produk yang diformulasikan untuk wajah Anda. Bicaralah dengan dokter atau dokter kulit Anda sebelum mencoba aplikasi DIY pada kulit Anda.

Bagaimana cara mengatasi masalah kulit ?

Ada cara untuk mengatasi masalah kulit tanpa merusak kulit Anda. Ingat saja turan nomor satu perawatan kulit: Jangan pilih! Mengelupas jerawat, komedo, koreng, atau masalah kulit lainnya dapat menyebabkan luka terbuka atau bintik-bintik kulit yang lebih gelap yang dikenal sebagai hiperpigmentasi. Luka terbuka dapat menyebabkan infeksi, lebih banyak jerawat, atau bekas luka. Semakin dalam lukanya, semakin besar kemungkinan kulit Anda mengalami bekas luka.

Berikut adalah beberapa cara yang didukung secara ilmiah untuk menangani area masalah.

 Jerawat

Perawatan jerawat tergantung pada seberapa dalam atau seriusnya jerawat Anda. Perawatan kulit secara keseluruhan adalah langkah terpenting dalam mengobati jerawat, tetapi untuk jerawat ringan Anda dapat menggunakan produk nonprescription dari toko obat lokal Anda seperti :

Asam salisilat (Stridex kekuatan maksimum bantalan jerawat)

Benzoyl peroxide (Obat jerawat Persa-Gel 10 Clean & Clear)

asam alfa hidroksi

adapalene

minyak pohon teh

Selalu gunakan tabir surya setelah menggunakan produk ini di pagi hari, karena dapat menyebabkan sensitivitas kulit ekstra.

Untuk jerawat langsung, meradang, dan individual, Anda juga bisa mencoba patch atau stiker jerawat. Ini adalah tambalan tebal dan bening yang berfungsi sebagai perawatan di tempat untuk membantu mempercepat penyembuhan noda dan mencegah infeksi. Seperti perban lepuh, bercak jerawat mengeluarkan cairan, terkadang dalam semalam. Sebaiknya gunakan ini sebelum Anda tidur karena riasan tidak dapat menutupi mereka.

Filamen sebasea

Filamen sebasea adalah tabung kecil seperti silinder di pori-pori Anda yang berwarna kuning keputihan. Ini sering disalah artikan sebagai komedo, tetapi komedo sebenarnya adalah jenis jerawat yang teroksidasi. Filamen sebasea dapat membuat pori-pori Anda terlihat lebih besar, dan Anda mungkin tergoda untuk menghilangkannya dengan mencubit kulit Anda atau menggunakan strip pori. Tetapi metode ini mungkin memiliki lebih banyak efek samping daripada manfaat bagi kulit Anda, terutama jika Anda tidak melakukannya dengan benar.

Lembur, Anda juga dapat menyebabkan :

gangguan

pori-pori terbuka dan infeksi

kekeringan

kemerahan

Mengupas

Sediaan topikal yang mengandung retinol atau retinoid dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan bersih. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari memijat wajah dengan mineral atau minyak jarak selama satu menit.

Cara lain untuk menghilangkan filamen sebasea adalah dengan alat ekstraksi. Ini adalah instrumen logam kecil dengan lingkaran kecil di ujungnya.

Metode teraman adalah meminta ahli kecantikan atau dokter kulit menghapusnya untuk Anda, tetapi Anda juga dapat melakukannya di rumah :

Mulailah dengan wajah dan instrumen yang bersih.

Tekan lingkaran di sekitar tonjolan dengan lembut untuk melihat apakah filamennya keluar. Berhati-hatilah karena tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan memar dan jaringan parut.

Rawat area tersebut dengan toner dan pelembab setelahnya.

Selalu bersihkan instrumen Anda dengan alkohol gosok sebelum dan sesudah digunakan untuk mencegah infeksi.

Anda mungkin juga melihat manfaat tambahan dengan mengoleskan benzoyl peroxide setelah mencuci sebelum ekstraksi.

 Noda, bekas luka, dan hiperpigmentasi

Noda, bekas luka, dan bintik hitam membutuhkan waktu mulai dari beberapa minggu hingga enam bulan untuk sembuh dan memudar. Perawatan segera untuk bekas luka dan noda termasuk menggunakan riasan dan tabir surya untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari lebih lanjut dan hiperpigmentasi.

Bahan lain yang diketahui dapat membantu memudarkan bekas luka meliputi :

Silikon

Penelitian menunjukkan bahwa silikon topikal dapat meningkatkan ketebalan, warna, dan tekstur bekas luka. Anda bisa mengoleskan gel silikon selama delapan hingga 24 jam per hari. Cari produk yang mengandung silikon dioksida sebagai bahan.

Madu 

Studi pendahuluan menunjukkan bahwa madu dapat menyembuhkan luka dan bekas luka. Anda mungkin ingin menggunakan madu jika Anda mencari perawatan di rumah.

Vitamin C 

Carilah bahan ini saat berbelanja krim dan pelembab. Vitamin C bekerja lebih baik bila dikombinasikan dengan bahan pencerah lainnya seperti kedelai dan licorice.

Niacinamide 

Studi menunjukkan Trusted Source bahwa niacinamide dapat membantu mengurangi noda dan flek hitam, terutama dari jerawat. Niacinamide dua hingga lima persen topikal efektif untuk orang dengan warna kulit lebih cerah. Pilihan yang terjangkau adalah The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% serum.

Asam retinoat 

Satu studi Trusted Source menemukan bahwa bekas jerawat membaik pada 91,4 persen orang yang menggunakan kombinasi asam retinoat dan asam glikolat. Ordinary juga memiliki produk dengan retinoid dua persen. Gunakan produk dengan ramuan ini hanya pada malam hari.

Carilah produk dengan bahan-bahan ini dan tambahkan ke rutinitas Anda setelah mencuci muka. Jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya setelah diaplikasikan untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari dan hiperpigmentasi.

Cara menguji jenis kulit Anda di rumah

Jika Anda tidak yakin dengan hasil kuis Anda, Anda juga dapat melakukan tes fisik untuk memeriksa jenis kulit Anda. Tes rumah mengukur produksi sebum. Sebum adalah cairan berminyak yang keluar dari pori-pori Anda. Jumlah sebum yang diproduksi kulit Anda dapat menentukan apakah kulit Anda :

kering

berminyak

normal

kombinasi

Menguji produksi sebum pada wajah yang bersih adalah cara paling akurat untuk menentukan jenis kulit yang Anda miliki. Ikuti langkah ini :

Cuci wajah Anda dan tepuk-tepuk hingga kering. Tunggu 30 menit.

Tekan lembut kertas minyak atau tisu di wajah Anda. Tekan kertas di berbagai area kulit Anda, seperti dahi dan hidung, pipi, dan dagu.

Dekatkan kertas ke cahaya untuk melihat seberapa transparan kertas tersebut.

Bersamaan dengan jenis kulit di atas, Anda juga bisa memiliki kulit sensitif, yang tidak mengikuti kriteria sebum. Kulit sensitif bergantung pada :

Seberapa cepat kulit Anda bereaksi terhadap aplikasi produk

Seberapa baik kulit Anda melindungi dirinya sendiri

Betapa mudahnya kulit Anda memerah

Kemungkinan alergi kulit

Kapan harus ke dokter atau dokter kulit

 Anda harus menemui dokter kulit jika masalah kulit Anda tidak hilang dengan produk yang dijual bebas. 

Jerawat, jaringan parut, atau masalah lain yang lebih parah mungkin memerlukan perawatan resep seperti antibiotik oral, kontrasepsi, atau retinoid resep topikal. Dokter kulit Anda mungkin melakukan ekstraksi untuk kista yang lebih dalam atau bintik-bintik jerawat yang menempel di bawah kulit Anda.

Ingatlah bahwa jenis kulit Anda dapat mempengaruhi cara kerja produk. Menggunakan produk yang salah, meskipun alami, dapat menyebabkan jerawat, memperparah noda, atau kemerahan. Yang terbaik adalah mencari tahu jenis kulit yang Anda miliki dan membangun rutinitas perawatan kulit Anda di sekitarnya. Anda juga dapat membuat catatan tentang bahan-bahan produk untuk melihat apakah bahan-bahan tertentu menyebabkan reaksi kulit yang tidak diinginkan.

No comments

Post a Comment