Tips dan Strategi Memilih Kampus untuk Kuliah Desain

Jurusan desain adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh lulusan SMA maupun SMK. Sebagai salah satu jurusan terfavorit, banyak universitas atau institusi perguruan tinggi yang menawarkan jurusan desain. Hal ini tentu saja membuat Anda semakin kebingungan dalam memilih kampus. Pasalnya semua orang pasti ingin kuliah desain di kampus terbaik sehingga bisa mendapatkan ilmu yang dibutuhkan.

Namun tenang saja, ada beberapa tips dan strategi yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan kampus terbaik. Langsung saja, berikut tips dan strategisnya:

Tentukan Ingin Melanjutkan Diploma atau S1

Sebenarnya ada banyak program sekolah desain yang bisa Anda ambil mulai dari kursus singkat, diploma, hingga sarjana atau S1. Pertimbangkan dengan baik Anda ingin mengambil gelar apa. Jika ingin mendapatkan ilmu dalam waktu singkat, Anda bisa memilih kursus singkat yang menawarkan pembelajaran selama 8-16 pertemuan. Namun jika ingin mendapatkan gelar tertentu agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan, maka pilih sarjana atau S1.

Kenali Kampus yang Dipilih

Setelah memilih program yang diinginkan, selanjutnya Anda bisa memilih kampus yang diminati. Anda bisa memilih beberapa kampus untuk melakukan pertimbangan tertentu sehingga mendapatkan kampus terbaik. Cari tahu berbagai informasi mengenai kampus tersebut mulai dari kurikulum, visi misi, fasilitas, lingkungan, hingga tim dosen yang mengajar. Pastikan bahwa kampus yang Anda pilih memiliki kredibilitas yang tinggi dengan mengetahui banyaknya peminat. Semakin banyak peminat maka kampus tersebut pasti memiliki kepercayaan tinggi di mata masyarakat.

Memperhatikan Biaya Kuliah yang Ditawarkan

Biaya menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat ingin kuliah desain. Pasalnya banyak orang yang tidak jadi kuliah karena biaya yang dirasa mahal. Ingat bahwa Anda tidak hanya membutuhkan biaya kuliah saja namun juga biaya hidup dan biaya lainnya. Agar bisa meringankan orang tua, Anda bisa mencoba mencari pekerjaan secara freelance atau part time.

Konsultasi dengan BK dan Orang Tua

Memilih kampus untuk kuliah memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibutuhkan pengalam agar bisa mendapatkan kampus terbaik. Anda bisa meminta saran dari ahli atau orang yang berpengalaman, misalnya guru Bimbingan Konseling atau BK. Tanyakan apakah kampus pilihan Anda sudah sesuai. Selain BK, Anda juga harus meminta saran dari orang tua untuk mendapatkan kampus terbaik.

Jangan Ikut-ikut Teman

Siswa yang baru lulus SMA atau SMK terkadang belum bisa menentukan keputusan sendiri. Tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk ikut-ikutan teman saat menentukan kampus idaman. Ingatlah bahwa kampus tujuan adalah masa depan Anda sendiri. Oleh sebab itu, hindari ikut-ikutan teman saat memilih kampus. Fokus dan bertanggung jawab pada apa yang Anda jadikan pilihan sendiri.

Berpikirlah Realistis

Tips terakhir yang bisa Anda ikuti untuk menentukan kampus adalah berpikir secara realistis. Jangan terlalu berambisi untuk kuliah di kampus favorit. Sesuaikan pilihan kampus dengan kemampuan Anda. Selain itu, pastikan juga orang tua mampu membiayai secara finansial. Jika mau belajar dengan keras, maka Anda pasti bisa mendapatkan skill yang mampu bersaing di dunia kerja nantinya.

Salah satu kampus ternama di Jakarta Selatan yang menyediakan jurusan desain adalah International Design School atau IDS. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila kuliah desain di kampus ini seperti tim pengajar berpengalaman, fasilitas lengkap, hingga kesempatan kuliah di luar negeri. Anda mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri karena IDS bekerja sama dengan Griffith University dan JMC Academy dari Australia. Kunjungi idseducation.com untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai program kuliah dari IDS.


No comments

Post a Comment