3 Alasan Kuliah Sambil Kerja Itu Sungguh Hebat



Apakah Anda harus menjadi mahasiswa yang juga bekerja atau tidak, itulah pertanyaannya. Sesuatu yang banyak mahasiswa renungkan, atau bahkan perjuangkan, adalah memutuskan apakah mereka harus bekerja di samping kuliah mereka atau tidak. Haruskah Anda fokus kuliah atau haruskah kuliah sambil kerja? Nah, kabar baiknya adalah, Anda tidak harus memilih. Anda bisa melakukan keduanya!

Meskipun mungkin ada beberapa argumen bagus untuk tidak menjadi mahasiswa yang bekerja, seperti fakta bahwa Anda mungkin mengalami kesulitan mengatur waktu Anda dengan baik, kami di IDS Digital Collage memiliki pola pikir bahwa menjadi mahasiswa yang bekerja adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Terlebih lagi, manajemen waktu adalah masalah yang bisa dilakukan dan bisa diperbaiki. 



Ada banyak alasan berbeda mengapa menjadi mahasiswa yang bekerja dapat membantu Anda dalam kehidupan universitas dan karir Anda di kemudian hari. Beberapa di antaranya termasuk mendapatkan pengalaman dan jaringan, serta menghasilkan uang tambahan. Ingin mengetahui mengapa Anda harus mempertimbangkan, atau bahkan memulai, bekerja sekaligus menjadi seorang mahasiswa? Teruslah membaca.

1. Pengalaman Adalah Kuncinya

Salah satu aspek terpenting dari kuliah sambil kerja adalah Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman. Jika Anda memutuskan ingin mulai bekerja paruh waktu di bidang studi Anda atau kemungkinan pekerjaan di masa depan, itu luar biasa! Mungkin Anda ingin melamar sebagai pekerja magang atau sebagai pekerja paruh waktu, yang memungkinkan Anda bekerja lebih sedikit per minggu tetapi tetap memaksimalkan pengalaman Anda. 

Selain itu, pengalaman adalah sesuatu yang dicari oleh pemberi kerja ketika Anda melamar pekerjaan tingkat pemula pertama seperti Anda. Lebih banyak lagi alasan untuk melengkapi CV Anda dengan pengalaman dari hari-hari Anda sebagai mahasiswa.

2. Jaringan Mahasiswa yang Juga Bekerja

Anda tidak hanya dapat memperoleh pengalaman kerja yang berharga tetapi bekerja paruh waktu dapat memberi Anda peluang menemukan atau bahkan membangun jaringan. Jaringan adalah kunci untuk membangun persahabatan dan hubungan bisnis dengan mahasiswa lain, misalnya, atau mentor Anda di tempat kerja Anda. 

Kontak jaringan Anda dapat menjadi referensi bagi Anda di kemudian hari dalam karir Anda, ketika Anda mungkin ingin mulai bekerja disana atau di tempat serupa dengan waktu penuh. Tempat yang bagus untuk berjejaring juga merupakan sebuah tempat di mana Anda dapat membuktikan keterampilan & kemampuan Anda. 

3. Siswa yang Bekerja Mendapatkan Uang Tambahan

Jika Anda tidak melakukannya untuk mendapatkan pengalaman, lakukan hal ini untuk mendapatkan uang tambahan. Anda akan bisa membayar uang kuliah Anda sendiri sampai Anda lulus, bahkan Anda juga dapat menabung sebagian uang Anda untuk keperluan lainnya. Atau Anda mungkin menghasilkan uang untuk sewa kos-kosan atau tagihan Anda. Dan akhirnya, mungkin Anda juga ingin bepergian untuk melakukan liburan akhir pekan. 

Dalam salah satu dari situasi itu, sedikit uang tambahan tidak ada salahnya, bukan? Dengan mengingat hal itu, menjadi mahasiswa yang juga bekerja mengajarkan Anda banyak hal tentang penganggaran. Anda akan segera mengetahui bahwa mengelola uang Anda sendiri membutuhkan kedisiplinan dan jurnal penganggaran Anda akan menjadi teman terbaik Anda. 

Meskipun ada hal luar biasa yang bisa dikatakan tentang kuliah sambil kerja, tugas kuliah dan juga pekerjaan harus dikelola dengan baik. Tidak ada tekanan bagi Anda untuk mulai bekerja begitu Anda melangkah ke kampus sebagai mahasiswa tahun pertama. Anda berada di sana untuk menikmati studi Anda dan belajar bagaimana hidup mandiri. 

Selain itu, Anda hanya boleh mengerjakan pekerjaan yang Anda tahu bahwa Anda bisa menanganinya. Yang kami maksud dengan itu adalah Anda harus realistis tentang jam kerja: Anda tidak dapat bekerja full-time. Anda harus dapat menyeimbangkan pekerjaan, rumah, kegiatan sosial, dan yang paling penting, kehidupan sebagai mahasiswa. Ingat, studi Anda adalah prioritas Anda saat ini!

No comments

Post a Comment