Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kucing yang tidak mau makan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti penyakit, perubahan rutinitas, vaksinasi, dan masalah psikologi. Anda sebagai pemilik pasti akan merasa sangat khawatir jika kucing tidak mau makan. Setelah mengetahui penyebab mereka tidak mau makan, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut:

Inilah Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Makanan

Anda perlu membujuk kucing agar mau makan kembali. Salah satu caranya yaitu dengan menyesuaikan makanan basah untuk mereka. Anda bisa memanaskan makanan seperti tuna basah yang dingin. Lakukan beberapa saat di microwave kemudian berikan pada kucing. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan tuna kalengan, makanan kucing kalengan, atau ayam kalengan. Makanan-makanan tersebut biasanya bisa merangsang nafsu makan.

Di Uap

Cara mengatasi kucing tidak mau makan selanjutnya adalah diuap. Hal ini bisa dilakukan apabila penyakit pada kucing menyebabkan pernapasannya terhambat sehingga tidak bisa mencium bau makanan. Caranya yaitu dengan membawa kucing ke kamar mandi beruap. Anda juga bisa menaruh larutan garam di hidung kucing. Penguapan yang dilakukan bisa memecah kotoran hidung sehingga kucing bisa mencium bau makanan.

Perhatikan bahan makanan untuk kucing

Perhatikan bahan makanan yang selama ini digunakan untuk membuat makanan kucing. Apakah ada perubahan formula atau tidak. Jika ada, mungkin hal tersebut membuat kucing tidak nafsu makan. Baca baik-baik label formula yang ada di kemasan makanan kucing. Cari makanan lain jika memang kucing tidak cocok memakannya lagi.

Eksperimen makanan

Eksperimen makanan ini dilakukan dengan memilih tekstur, rasa, dan juga bentuk makanan yang berbeda-beda. Cobalah untuk membuat makanan dari bahan segar. Ada beberapa jenis kucing yang biasanya lebih suka makanan yang dibuat sendiri dibandingkan makanan pabrik.

Itulah cara mengatasi kucing tidak mau makan yang bisa Anda ikuti. Jika mencari makanan bernutrisi yang tepat, Anda bisa memilih Royal Canin. Makanan dari brand tersebut disesuaikan dengan ras, usia, serta kondisi kucing. Anda bisa memilih produk Royal Canin yang tepat dengan mengunjungi website www.royalcanin.com. 

No comments

Post a Comment