Mengenal Bunga Deposito dan Cara Hitungnya



Mendeposito merupakan kata lain dalam melakukan investasi. Dengan ini Anda akan mendapatkan keuntungannya dari bunga yang terus bertambah sesuai dengan waktunya. Lalu, apa sih bunga deposito itu? 

Sebelum melakukan deposito tentunya Anda harus paham dengan istilah-istilah yang ada pada deposito. 

Mendeposito artinya Anda menyerahkan dana pada bank untuk dikelola dan Anda ambil pada waktu yang sudah ditentukan. Selama dana itu disimpan, bunga akan bertambah. Tentunya, deposito merupakan jenis investasi yang cukup menarik untuk dilakukan.



Kilas Mengenai Deposito

Deposito merupakan produk penawaran dari setiap bank kepada masyarakat sebagai calon nasabahnya, yakni produk berbentuk investasi atau simpanan. 

Kenapa harus memilih produk deposito? Jawabanya bisa ditemukan pada nilai bunga dari deposito tersebut, yakni memiliki nilai yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan produk simpanan lainnya. 

Penarikan dana deposito dapat Anda lakukan hanya di waktu setelah masa tempo habis, masa tempo tersebut tentunya telah disepakati oleh kedua pihak yang terkait yakni Anda sebagai nasabah dan pihak bank.

Apa Itu Bunga Deposito?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, selama Anda menyerahkan dan menyimpan dana tersebut ke bank sebagai deposito, maka dana tersebut akan bertambah seiring dengan penambahan bunganya. sebetulnya apa itu bunga deposito

Bunga dari deposito ialah nilai yang diberikan oleh bank terhadap nasabahnya sebagai imbalan dari simpanan dana yang diserahkan tadi, nantinya akan diberikan kembali pada masa tempo yang telah disepakati keduanya.

Tingkat bunga dari deposito dipengaruhi oleh beberapa alasan yang masih berkaitan dengan satu sama lainnya, sama halnya dengan bunga pada jenis simpanan lainnya. 

Selain itu,  yang menjadi alasan dalam penentuan tingkat bunga yakni simpanan serta pinjaman yang dikelola oleh bank hingga kebijakan yang dimiliki oleh bank.  

Nilai bunga deposito dapat berlaku mulai dari 3% hingga 6% besarnya. Kecil besarnya bunga didapat dari durasi waktu dalam menyimpan dana tersebut.

Dengan kata lain nasabah yang ingin melakukan deposito harus mempertimbangkan 2 hal yakni masa tempo deposito serta bank yang akan dipilih. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan deposito maka pilihlah bank yang menawarkan fasilitas yang spesial ya.

Cara Menghitung Bunga Deposito

Untuk menjawab rasa penasaran Anda terhadap bunga yang didapat dari nilai deposito, Anda bisa menghitung bunga dari depositonya. Cara menghitung bunga deposito dengan akurat Anda bisa menggunakan rumus hitungannya. 

Ada rumus yang bisa Anda gunakan dalam menghitung deposito, di antaranya menghitung bunga dari faktor  total pendapatan yang akan didapat pada masa waktunya dan kedua berdasarkan pada profit yang didapat  dari bunga setiap bulannya.

Rumus yang berdasarkan pada total pendapatan masa waktu

Setoran Pokok + ( profit bunga - jumlah pajak) =

Rumus dari Bunga Setiap Bulannya

Suku Bunga dari Deposito X Setoran Pokok Deposito X 30 hari X 80%) / 365 Hari

Catatan: persentase 80 % dihasilkan dari persentase pendapatan yang dikurangi dengan persentase per pajak yang ditanggung 100%-20% 

Itulah rumus yang dapat Anda gunakan dalam menghitung bunga yang didapat dari deposito. Dengan rumus di atas Anda bisa menghitung dengan lebih akurat. 

Jika Anda tertarik untuk melakukan deposito, Anda bisa menggunakan produk deposito online dari Bank Sinarmas. 

Produk deposito dari Bank Sinarmas ini memiliki banyak keunggulannya, salah satunya melakukan pembukaan rekening dengan mudah dan praktis, pembukaan dengan nilai setor yang rendah mulai dari 50 ribu saja hingga bunga deposito yang spesial.  Tertarik? Ajukan sekarang juga ke website resmi Bank Sinarmas! 

No comments

Post a Comment