Panduan Membeli Cincin Nikah Emas untuk Calon Pengantin



Menikah artinya berjanji untuk saling mencintai dan menjaga seumur hidup. Pernikahan adalah ikatan yang abadi sehingga harus dijaga sampai akhir hayat. Karena pernikahan bukan hal yang main-main, maka semua calon pengantin harus memilih cincin nikah terbaik. Pasalnya cincin tersebut menjadi lambang ikatan cinta selamanya. 

Sebagian besar calon pengantin memilih cincin emas sebagai cincin pernikahannya. Apakah Anda juga demikian? Sebelum membeli, Anda harus mengetahui panduan memilihnya agar tidak merasa kecewa. 

Kelebihan Cincin Emas

Sebelum mengetahui tips membeli cincin emas untuk pernikahan, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan cincin emas sehingga layak dijadikan pilihan. Berikut di antaranya:

  • Emas cocok untuk desain apapun

Kelebihan logam emas untuk cincin pernikahan yaitu cocok dengan desain apapun. Perlu Anda ketahui bahwa cincin pernikahan memiliki desain yang sangat beragam. Seperti solitaire, three stone, cluster, halo, dan lain-lain. Emas cocok untuk semua desain cincin cantik tersebut.

  • Warna beragam

Platinum, perak, atau palladium hanya menawarkan satu warna utama saja. Sementara emas menawarkan warna yang lebih beragam. Jadi Anda tidak akan merasa bosan apabila memakai cincin dari emas. Adapun tiga warna yang paling populer yaitu kuning, rose gold, dan putih. Namun akhir-akhir ini black gold juga sangat populer.

  • Kuat dan tahan lama

Cincin pernikahan haruslah yang kuat dan tahan lama agar awet sampai tua nanti. Emas menjadi salah satu pilihan terbaik karena termasuk logam yang kuat dan tahan lama. Namun pastikan kemurniannya setidaknya 18K agar tidak mudah pudar.

  • Bernilai tinggi

Sudah bukan rahasia lagi jika cincin emas menjadi benda berharga yang bernilai tinggi. Jika memilih cincin emas sebagai cincin pernikahan, itu artinya Anda dan pasangan menganggap pernikahan adalah sesuatu yang berharga. Selain itu, cincin yang bernilai tinggi pasti akan dijaga dengan baik.

Tips Membeli Cincin Nikah Emas

Lalu bagaimana cara membeli cincin nikah emas? Berikut tipsnya:

  • Ketahui kadar karat

Emas murni tidak bisa dijadikan perhiasan karena terlalu lunak. Oleh sebab itu, ada campuran logam lain untuk meningkatkan kekuatan emas perhiasan. Kadar karat menunjukkan kemurnian emas pada cincin. Emas murni memiliki kadar karat 24K. Lalu ada juga yang 9K, 12K, 16K, dan 18K.

  • Pilih emas padat

Ada dua jenis cincin emas di pasaran yaitu emas padat dan berongga. Emas padat merupakan emas yang tahan lama karena materialnya memang emas semua. Sementara emas berongga hanya bagian lapisan saja yang emas. Pastikan Anda memilih emas padat agar tahan lama.

  • Perhatikan batu permatanya

Ada banyak batu permata yang bisa disematkan pada cincin pernikahan. Berlian merupakan batu permata paling banyak dipilih dan populer. Selain itu, ada batu lain seperti ruby, emerald, dan sapphire

  • Ada sertifikat

Hal terakhir yang wajib Anda perhatikan adalah sertifikat. Pastikan cincin yang Anda beli memiliki sertifikat asli. Pasalnya sertifikat tersebut yang akan menjadi bukti keaslian cincin Anda, apalagi cincin bertahtakan berlian. 

Itulah panduan membeli cincin nikah emas yang mudah untuk Anda ikuti. Masih bingung mencari cincin terbaik? Anda bisa menjatuhkan pilihan pada The Palace Jeweler. Brand premium di bawah PT Central Mega Kencana (CMK) ini menawarkan banyak koleksi cincin pernikahan yang terbuat dari emas.

Salah satu koleksinya adalah cincin Kekaseh yang merupakan kolaborasi dengan Anne Avantie. Cincin tersebut sarat akan makna karena terinspirasi dari motif batik Indonesia. Meskipun pernikahan bertema internasional, namun cincin ini akan mengingatkan Anda pada adat istiadat. Koleksi cincin lainnya bisa langsung Anda lihat di website resmi The Palace Jeweler. 

No comments

Post a Comment